Walikota Tinjau Lokasi Persiapan Indonesia Open X-Sport Championsip 2017

(manadokota.go.id) Keseriusan Pemerintah Kota Manado untuk mendukung pelaksanaan Indonesia Open X-Sport Championsip 2017 di Kota Manado yang berlangsung 6-8 Oktober, tak diragukan lagi. Bahkan, Walikota Manado GS Vicky Lumentut meminta panitia agar tidak sungkan jika ada yang perlu dibantu Pemkot. “Silahkan disampaikan kepada pemerintah Kota Manado jika ada yang perlu untuk kami bantu,” ujar Walikota, saat meninjau lokasi pelaksanaan Indonesia Open X-Sport Championsip 2017 di Kawasan Megamas, Jalan Piere Tendean Boulevard, Rabu (04/10) sore. Dikatakan Walikota, kegiatan Indonesia Open X-Sport Championsip (IOXC) tahun 2017 di Manado membawa dampak positif bagi pariwisata Kota Manado. Apalagi sudah 15 negara yang telah menyatakan ikut dalam kejuaraan dunia tersebut yakni Jepang, Singapura. Cina. Malaysia, Chili, Inggris, Perancis, Vietnam, Canada, Australia, Brunei Darussalam, Thailand, Hongkong dan Indonesia.

“Ini adalah kejuaraan yang membawa dampak positif bagi pariwisata di Kota Manado. Olahraga ekstrem ini banyak menarik minat wisatawan. Seperti waktu lalu, saat ada kejuaraan tinju di God Bless Park, turis-turis dari Cina yang datang ke Manado saya ajak untuk nonton disana. Nah, sekarang ada kejuaraan dunia IOXC, saya juga ajak mereka untuk nonton,” tukas Walikota. Walikota berterima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora-RI) yang telah menunjuk Kota Manado sebagai tuan rumah.

Olahraga ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah yang diberikan untuk mendukung dan memajukan dunia olahraga ekstrem di Indonesia. “Terima kasih saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado kepada Kemenpora yang telah menunjuk Manado jadi tuan rumah IOXC tahun 2017. Saya yakin, Indonesia memiliki banyak atlet olahraga ekstrem yang sudah mendunia serta memiliki banyak prestasi baik ditingkat Nasional ataupun Internasional. Dan ini bisa diuji di Manado,” kata Walikota.

Seperti diketahui, Kawasan Mega Mas Manado akan menjadi saksi tampilnya peserta atlet olahraga ekstrem dari berbagai Negara dengan total hadiah Rp548 juta. Untuk cabang olahraga yang dipertandingkan masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya seperti BMX Freestyle & Flatland, Skateboard, Aggressive Inline Skate, B-Boy & B-Girl, Freestyle Basketball, dan Freestyle Soccer. Dan untuk menambah semarak serta menghibur masyarakat Kota Manado, Kemenpora RI akan menyuguhkan DJ Performance, Clothing Expo, Graffiti Performance, dan masih banyak yang lainnya.

“Demi mensukseskan kejuaraan IOXC 2017 di Manado ini, pihak Kemenpora juga akan menggandeng federasi ataupun asosiasi dari cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan semisal, Asosiasi BMX Indonesia, Federasi Skateboard Indonesia, Indonesia Aggressive Skate Association, dan masih ada beberapa federasi ataupun asosiasi lainnya. Bisa dikatakan IOXC ini adalah kejuaraan olahraga ekstrem bertaraf International yang selalu dinanti kehadirannya,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado, Laurens Enco Umboh.

(humas***)