Kota
Manado menjadi daya tarik tersendiri bagi Ombudsman Republik Indonesia (RI).
Pasalnya, Kota Manado dinilai berhasil dalam memberikan perubahan peningkatan
layanan publik yang lebih professional, transparan dan berpihak pada masyarakat.
Saat berkunjung ke Propinsi Sulawesi Utara (Sulut),
sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik, Komisioner Ombudsman RI Dadan
Suparjo Suharmawijaya SIP MSI menyempatkan diri menyambangi Kantor
Walikota Manado, Kamis (19/07) pagi hari.
Kunjungan Komisioner Ombudsman RI Dadan Suparjo
Suharmawijaya didampingi Kepala Perwakilan Ombudsman Sulawesi Utara Hilda R
Tirajoh di Kantor Walikota Manado, diterima Walikota GS Vicky Lumentut bersama
Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat, di
ruang kerja Walikota Manado.
Saat bertemu Walikota Vicky Lumentut, Ombudsman RI
mengaku kagum dengan terobosan yang dilakukan Pemkot Manado dalam meningkatkan
pelayanan publik di Kota Manado kearah yang lebih baik.
Sementara, Walikota Vicky Lumentut mengatakan Pemkot
Manado terus berupaya meningkatkan pelayanan publik salah satunya dengan
mendorong para penyelenggara pemerintahan untuk melayani masyarakat sesuai standar
pelayanan yang berkualitas.
"Kami sangat menyambut baik penilaian Ombudsman
sesuai dengan standar dan kriteria yang diterapkan berdasarkan UU nomor 25
tahun 2009. Berangkat dari semangat Ombudsman itulah, Pemkot Manado bertekad
melakukan pembenahan dan perbaikan, yang dimulai dari Perangkat Daerah sampai
ke Kecamatan dan kelurahan," ujar Walikota.
Menurutnya, selaku Walikota dirinya telah meminta
pendampingan dari Ombudsman, baik saat penilaian maupun tidak ada penilaian.
"Dan pendampingan itu untuk semua perangkat daerah
yang dinilai maupun yang tidak dinilai. Ini dimaksudkan agar integritas
pelayanan publik di Kota Manado bisa maksimal dan bisa mendapatkan predikat A
di tahun 2018 ini,” tukas Walikota Vicky Lumentut.
Olehnya, tambah Walikota, Pemkot Manado telah melakukan
inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya dengan membangun
Cerdas Command Center agar masyarakat lebih cepat dan tepat mendapatkan
pelayanan lewat aplikasi cerdas.
Dalam kesempatan
itu, Walikota Vicky Lumentut mengajak Komisioner Ombudsman RI untuk melihat
dari dekat ruang kendali Cerdas Command Center. (bag.pemhum)