Walikota Manado Hadiri Seminar Pariwisata di Prancis

Konsen untuk menopang pembangunan Kota Manado terus dilakukan Wali Kota Manado untuk menunjang kemajuan suatu kota berkelanjutan, diperlukan berbagai perbandingan sebagai motivasi pembangunan. Kemarin, Selasa (30/5/2017), Walikota didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado, Hendrik Warokka.

”Baru selesai seminar bersama chambre de Commerce et del Industrie France (dibawa Menteri Ekonomi keuangan dan Industri Prancis), di Paris tentang keberlanjutan pariwisata, dan potensi investasi di Manado Sulawesi Utara. Banyak materi bagus dari seminar ini. Prancis yang berpenduduk 60 juta dan turis asing 66 juta setiap tahun, ini patut menjadi pemahamahan kita juga. Sementara, Indonesia penduduk 250 juta dan target turis asing sekarang 20 juta,” ujar Walikota.

Lanjut disampaikan Walikota menuturkan posisi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kini telah berhasil pula menyedot kehadiran turis jutaan pengunjung, hal itu perlu menjadi catatan dan pembelajaran bagi pemerintah Kota Manado untuk menambah pengetahuan demi pertumbuhan pariwisata Manado kedepannya. “Sulawesi Utara jumlah penduduk hampir 3 juta dan target turis dibawah 200 Ribu. Torang (kita) musti belajar bagaimana memanage turis, objek wisata, industri dan masyarakatnya, salah satunya seperti di Prancis.”

Sementara itu, melalui kesempatan tersebut Walikota pun tak lupa mengundang pemerintah Prancis untuk hadir di Manado dalam rangka event pariwisata yakni Manado Fantastic Festival. “Iya, terkait itu saya sudah mengundang mereka ke Manado bulan September ini diacara Manado Fantastic Festival,” Kata Walikota. (ES)