Susul 215 Daerah, JDIH Kota Manado Integrasi Ke JDIHN Kemenkumham

Dari berbagai sistem informasi, aplikasi, dan website yang dikembangkan dan dikelola Pemerintah Kota Manado, salah satu yang paling tinggi intensitas searching dan download adalah jdih.manadokota.go.id. JDIH sendiri merupakan singkatan dari Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum. Sementara itu konten dari website ini adalah seluruh kebijakan internal Pemerintah Kota Manado yaitu Peraturan Daerah, Peraturan Walikota, dan Keputusan Walikota.

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Manado, Yanti Putri, melalui Kasubag Dokumentasi Hukum, Alexander Frits Gustaf Rondonuwi. pada hari kedua tahapan integrasi Jumat 24/01 kemarin di Kantor BPHN Jalan Jenderal Soetoyo Jakarta mengatakan, Sesuai arahan dari Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementrian Hukum dan HAM melalui Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum, website daerah wajib diintegrasikan ke sistem JDIH Nasional supaya kita bisa juga mengakses seluruh peraturan berskala nasional yang sangat dinamis dan pada saat sama kita juga dapat membuka akses kepada PBHN KemenkumHAM terkait regulasi di Kota Manado. Mengingat proses integrasi juga terkait dengan hal teknis pada aplikasi maka saya meminta pendampingan dari Dinas Kominfo dan Pak Kadis Kominfo Erwin Kontu sudah menugaskan Kepala Bidang Aplikasi Informatika Heintje Lombone dan tim untuk mendampingi Kasubag Dokmentasi dan Informasi Hukum.

Proses integrasi sendiri dilaksanakan selama 2 hari dan berakhir Jumat 25/01/2020. Setelah melakukan analisa database dan mempersiapkan penyesuaian metadata maka kami telah selesai melaksanakan poroses integrasi. Saat ini tahapan selanjutnya adalah wilayah dari Bagian Hukum Setda untum menindaklanjuti penyesuaian pada 207 dokumen. Pada prinsipnya Kota Manado menjadi Kabupaten/Kota ke-216 yang melakukan integrasi. Selain Manado, dari 15 Kab/Kota di Sulut tercatat baru 3 daerah yaitu Kab.Bolmong Selatan, Kab. Kepulauan Sangihe, dan Kab. Minahasa Tenggara yang bersaman Pemerintah Provinsi telah terintegrasi ke JDIHN, urai salah satu Tim Pendamping Kominfo, yang melakukan teleconference bersama Tim di Cerdas command Center saat tahapan integrasi berlangsung.