Pemerintah Kota Manado gelar Workshop Milenial

Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) kota Manado menggelar kegiatan Workshop untuk kaum Milenial yang dibuka pada Rabu (4/3) bertempat di Aula Serba Guna Pemerintah Kota Manado yang akan dilanjutkan dengan pelatihan pada 9-13 Maret 2020 di Kantor Walikota Manado.  Dan dihadiri oleh Walikota Manado dalam hal ini diwakili oleh Assiten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Heri Saptono, Kepala Dinas KOMINFO Erwin Kontu serta Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Heintje Lambone dan juga Founder dari PIJAR Maria Silangen.

Kegiatan yang bekerjasama dengan "Satu Tampa" sebagai partner inisiator program, "PIJAR" sebagai penyusun program dan "Kawanua Creative" sebagai penyelenggara program tersebut diawali dengan pembacaan tujuan kegiatan dari KABID APTIKA KOMINFO Heintje Lambone yang menyinggung sedikit tentang rangkaian program yang akan terlaksana sampai akhir kegiatan pada 13 Maret.

Dibuka oleh Walikota Manado yang diwakili oleh Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Heri Saptono menyampaikan beberapa hal mengenai program percepatan pelatihan pekerja lepas digital yang menyusun thema "propesional freelancer Akselerator".

Dan dengan semangat milenial Wakil Walikota Manando Mor Bastiaan berkesempatan melakukan live streaming via video call menyambut baik kegiatan tersebut yang dianggapnya sangat penting untuk pengembangan perekonomian di era digital sekarang ini.

Kesadaran Pemerintah Kota Manado akan pentingnya ekonomi kreatif untuk generasi milenial dalam mengahadapi era 4.0 menjadi landasan kegiatan ini diselenggarakan, mengingat banyak pertumbuhan jumlah penduduk dan angkatan kerja dan juga semakin banyaknya penduduk yang meneyelesaikan pendidikan tinggi yang mencari pekerjaan dikota Manado. Sehubung kota Manado adalah pusat ekonomi dan jasa di Sulawesi Utara. Maka dari itu Pemerintah Kota Manado menyambut baik kegiatan tersebut yang didalamnya ada pengembangan berbagai bidang ekonomi kreatif yakni Videografis, Design Grafis, Event Organizer dan Sosial Media Management yang nantinya akan dipandu langsung oleh masing-masing ahli dibidangnya sebagai mentor dalam kegiatan tersebut.

Dihadiri oleh sekitar 600 masyarakat kota Manado dengan kategori usia dibawah 25 tahun yang baru lulus SMA/SMK dan juga yang sedang mencari pekerjaan, terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang dimentori langsung oleh 4 narasumber yakni Acindra Kapita (EO), Jessica Langitan (Design Grafis), Daniel Tampi (Sosial Media Management) dan Jilly Wosy (Videografer). Diskusi ringan namun bermanfaat serta penuh dengan pengetahuan tersebut diharapkan mampu memenuhi rasa ingin tahu masyarakat tentang bagaimana cara memulai bekerja di dunia digital dan mampu menjual keterampilan dan bagaimana cara mengembangkannya.

Melalui kegiatan ini Pemerintah Kota Manado berharap masyarakat kota Manado terlebih untuk lulusan baru ataupun yang belum mendapat pekerjaan dapat memperoleh pengetahuan serta termotivasi untuk mengembangkan kemampuan sebagai pekerja lepas digital. Agar bisa menurunkan tingkat pengangguran di usia produktif.

Diakhir kegiatan dibuka sesi tanya jawab untuk semua peserta dan untuk mengabadikan kegiatan tersebut ditutup dengan sesi foto bersama.