Kota Manado Terima Bantuan TPS-3R dan SANIMAS

(manadokota.go.id) Walikota Manado GS Vicky Lumentut diwakili oleh Wakil Walikota (Wawali) Mor D Bastiaan, menghadiri kegiatan Kementerian PUPR bertema Penyiapan Implementasi Infrastruktur Berbasis Masyarakat, di Hotel Sanur Paradise, Jln. Hang Tuah 46, Sanur Kaja, Denpasar, Bali. Kegiatan Penyiapan Implementasi Infrastruktur berbasis Masyarakat ini berlangsung sejak tanggal 17 hingga 20 Juli 2018 besok.

Kegiatan dibuka oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir. Sri Hartoyo, Dipl. SE, ME. Dalam sambutannya, Hartoyo mengatakan, melalui Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP), difasilitasi pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat demi mencapai sanitasi layak 100% dengan program TPS-3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle) dan SANIMAS (Sanitasi Berbasis Masyarakat). TPS-3R adalah infrastruktur untuk mengurangi dan mendaur ulang sampah, sedangkan SANIMAS adalah infrastruktur air limbah komunal dengan sasaran Masyarakat Berpengasilan Rendah (MBR). Dalam hal ini, bantuan TPS-3R diberikan untuk dikelola Dinas Lingkungan Hidup, sedangkan bantuan SANIMAS kepada Dinas PUPR.

Lanjut, Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) menyelenggarakan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam rangka menjaga komitmen Pemerintah Kabupaten/Kota dalam menjalani tanggung jawab sebaik-baiknya.

Penandatanganan PKS antara Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP), Ir. Dodi Krispratmadi, M.Env.E dengan Para Bupati/Walikota yang mendapatkan bantuan dari Pusat, baik Bantuan Pembangunan TPS-3R maupun Pembangunan SANIMAS.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para Pejabat Teknis dari Pusat, para Kasatker pada 29 Provinsi di Indonesia, para Bupati dan Walikota yang mendapatkan Bantuan yakni 81 Kabupaten dan 9 Kota termasuk Kota Manado, masing-masing Kepala Perangkat Daerah (Dinas Teknis/Badan) pada Kabupaten/Kota yang mendapatkan bantuan yakni DLH, Dinas PUPR dan Bappelitbangda, termasuk didalamnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado. (AM)