(manadokota.go.id) Walikota Manado GS Vicky Lumentut, selaku Inspektur Upacara pada Apel Kerja Perdana, bulan Juli di jajaran Pemerintah Kota Manado, yang dirangkaikan dengan launching Aplikasi Panada Tante IVA (Portal Analisis Data Berbasis Peta Tentang Tes IV A). Panada Tante IV A adalah menu baru dari PANADA yang menggambarkan Mapping online wanita usia subur diwilayah Kecamatan Tikala yang sudah/belum melakukan tes IVA. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Manado, Julyeta PA Lumentut-Runtuwene, Wakil Walikota Mor D. Bastiaan, juga Forkopimda Kota Manado, serta jajaran pejabat Pemkot Manado. Bertempat di Lapangan Sparta Tikala Manado, Senin (01/07) hari ini.

Dalam sambutan Walikota, pada Apel perdana tersebut, mengajak segenap ASN untuk bersama-sama mensukseskan gerakan Susiantariksa (Suami Siaga Antar Istri Periksa IVA). Layanan ini pemeriksaan IVA tersedia secaera gratis diseluruh Puskesmas di Kota Manado. “Mari kita mengajak istri kita untuk melakukan pemeriksaan IVA. Hal ini mungkin terlihat sederhana, namun partisipasi aktif kita mampu menyelamatkan kehidupan dan masa depan para wanita Indonesia,” ujar Walikota.

Seraya menambahkan ini harus menjadi kesadaran kita bersama, bahwa kanker serviks adalah pembunuh perempuan nomor 1 di Indonesia. Untuk itu sudah saatnya kita meningkatkan partisipasi kita dalam melindungi perempuan Indonesia dengan deteksi dini kanker serviks melalui Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Dalam kesempatan tersebut, Walikota menegaskan Pemerintah dan Masyarakat Kota Manado, akan melaksanakan dua momentum yang memiliki makna penting bagi kita yaitu rangkaian perayaan HUT ke 396 Tahun Kota Manado serta pelaksanaan Manado Fiesta 2019.

Tentunya kedua kegiatan ini membutuhkan partisipasi aktif dari semua elemen masyarakat, untuk saling bekerja sama, bekerja keras dan bekerja cerdas, agar rangkaian kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik, serta membawa dampak yang kontruktif bagi kemajuan pembangunan Kota Manado.

Dalam Apel perdana awal bulan dilingkup Pemkot Manado, juga dirangkaikan dengan Penandatanganan Komitmen Deteksi Dini Kanker Serviks Dengan IVA antara Dinas Kesehatan, TP PKK Kota Manado dan Organisasi Wanita Se Kota Manado.(bag.pemhum)