Pemerintah Kota Manado, menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati dan memaknai hari Kesaktian Pancasila, dengan tema “ Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”. Bertempat di alun-alun kota, lapangan Sparta Tikala Manado. Selasa (01/10).

Selaku Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler Lakat, mewakili Walikota, Vicky Lumentut. Dan Komandan Upacara, Camat Wenang, Donald Sambuaga. Pada upacara tersebut juga dibacakan Ikrar oleh Wakil Ketua DPRD Kota Manado, Nortje Van Bone.

Dalam sambutan Walikota, dibacakan oleh Sekda Kota Manado, mengatakan tantangan kita disaat ini, bukan lagi soal menghafal Pancasila diluar kepala. Tantangan kita ialah menghidupkan Pancasila dalam pikiran, sikap, dan perbuatan. Itu dapat berhasil, supaya pikiran, sikap dan perbuatan tersebut tidak melanggar hak hidup orang lain. Kemerdekaan akan menghasilkan kebaikan bila disertai dengan tanggung jawab.

“ Bicara Pancasila sebagai kristalisasi dari kearifan-kearifan lokal masyarakat Indonesia, maka kita di Kota Manado mengenal falsafah dari Pahlawan Nasinal DR. Sam Ratulangi, “Sitou Timou Tou” Manusia Hidup Untuk Memanusiakan Manusia, dimana kita hidup dan menjadikan hidup kita berguna bagi diri kita san sesame manusia,” ujar Sekda.

Dalam upacara tersebut juga, diserahkan sertifikat Diklat PIM III, secara simbolis, oleh Sekda Kota Manado, kepada peserta Diklat PIM III Kota Manado, masing –masing, Marini Maria Kapojos, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Manado dan Fredy Runtuwene, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga.

Hadir dalam upacara tersebut, Para Asisten Setda Kota Manado, kepala Perangkat Daerah, Para Staf Ahli Walikota, Para Camat-Lurah Se-Kota Manado, ASN, THL dan Para Kepala Lingkungan Se-Kota Manado. (bag.pemhum)