Hasil kerja keras dan kerja cerdas dalam menghadirkan kualitas pelayanan publik guna menjawab harapan rakyat Kota Manado, dibawah kepemimpinan Walikota, Vicky Lumentut, bersama Wakil Walikota, Mor Bastiaan, mendapatkan penghargaan, dimana inovasi PANADA Portal Analisis Data Berbasis Peta masuk 45 inovasi terbaik pelayanan publik yang telah mengikuti Kompetesi Inovasi Pelayan Publik (KIPP) 2019. Walikota Manado menerima langsung penghargaan untuk inovasi PANADA Portal Analisis Data Berbasis Peta. Yang diserahkan oleh Wapres Jusuf Kalla didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin. Seluruh pimpinan instansi hadir dalam acara bergengsi ini. Bertempat di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (15/10).

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menerangkan, Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 ini terdiri dari 8 kementerian dengan 9 inovasi, 4 lembaga sebanyak 4 inovasi, 5 provinsi dengan 5 inovasi, 16 kabupaten dengan 17 inovasi, 9 kota sebanyak 9 inovasi, dan 1 BUMN dengan 1 inovasi. KIPP merupakan perwujudan gerakan One Agency One Innovation yang digalakkan Kementerian PANRB. Kompetisi yang bisa diikuti oleh seluruh instansi pemerintah ini diselenggarakan sebagai pembinaan inovasi pelayanan publik dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. Tujuannya adalah pemberdayaan, pembelajaran, dan pengembangan untuk menyebarluaskan ide kreatif, gagasan, dan terobosan pelayanan publik di Indonesia guna percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Proses kompetisi ini dimulai dari pendaftaran proposal inovasi melalui http://sinovik.menpan.go.id. Tahun ini terekam sebanyak 3.156 proposal yang mendaftar, dan menunjukkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang hanya 2.824 proposal. Dari hasil desk evaluation, diperoleh Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019. Ditambahkan Walikota Manado, setelah tahap Top 99, dilakukan evaluasi lapangan oleh tim evaluator dan tim panel independen. Dari hasil penilaian lapangan, ditentukan 45 inovasi terbaik yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri PANRB No. 18/2019 tentang Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019.

“Dan Inovasi PANADA Portal Analisis Data berbasis Peta Pemerintah Kota Manado Masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, dan memiliki peluang untuk mengikuti kompetisi tingkat dunia yaitu The United Nations Public Service Awards (UNPSA) yang diselenggarakan PBB”. Seraya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Manado, yang telah bekerja sama selama ini dalam melayani masyarakat, Wakil Walikota, Sekretaris Daerah Kota Manado, para pejabat, ASN dan THL, lebih khusus lagi kepada Kepala Bapelitbangda Kota Manado yang menggagas dan mengawasal Inovasi PANADA.

Kami hadirkan Inovasi PANADA untuk pelayanan publik supaya semakin efesien dan semakin efektif untuk memenuhi harapan masyarakat Kota Manado. (bag.pemhum)