Perhelatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Manado ke-399 tahun, belum selesai. Kali ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Manado, mengadakan lomba paduan suara antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Pemkot Manado. Lomba ini akan berlangsung selama dua hari yaitu 27-28 Juli 2022 di Gedung Serbaguna, Kantor Walikota Manado. Andrei Angouw selaku Walikota Manado yang didampingi oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Irene Pinontoan, membuka secara resmi lomba paduan suara ini.

Di awal acara, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembagunan Setda Kota Manado, Atto R.M. Bulo, S.H., M.M., sekaligus Ketua Panitia Lomba Paduan Suara membacakan laporan pelaksanaan kegiatan. Asisten II mengatakan bahwa perlombaan ini selain untuk memeriahkan HUT Kota Manado juga bertujuan untuk mempererat kesatuan, persatuan, dan kebersamaan antar perangkat daerah di Lingkungan Pemkot Manado. Perlombaan ini pun menurut data dari Kesbangpol Kota Manado, akan diikuti oleh 44 SKPD dengan jumlah anggota sebanyak 30-50 orang per SKPD. Untuk membuka perlombaan secara resmi, Asisten II meminta Walikota Manado untuk memberi sambutan dan membuka secara resmi lomba paduan suara tersebut.   

Dalam sambutannya, Walikota Manado menginginkan agar melalui perlombaan ini, para perserta dapat mempererat hubungan antar jajaran di Pemkot Manado. Selain itu, Walikota juga berharap setelah mengikuti perlombaan ini, keahlian dari para pegawai di Pemkot Manado dapat meningkat.

“saya harap setelah lomba ini, tidak ada sekat-sekat lagi di antara kita. Kita ini semua satu. Kemudian, saya yakin yang ikut lomba ini semuanya jago dan melakukannya dengan sukacita. Saya harap ini bisa ditularkan di pekerjaan kita sebagai pelayan masyarakat. Kita harus ahli dalam pekerjaan kita dan semoga lomba ini menginspirasi kita untuk ahli dalam melayani masyarakat Kota Manado. Saya pernah baca buku tentang pelayanan dan di situ dikatakan bahwa kalau pun kita ditugaskan sebagai tukang sapu, kita harus seperti ahli dalam melaksanakannya. Kita harus riset bagaimana menjadi yang terbaik,” harapnya.

Di akhir sambutannya, Walikota Manado mengucapkan selamat berlomba kepada para peserta yang akan bertanding. Acara pembukaan lomba paduan suara ini pun kemudian ditutup dengan pengalungan tanda juri oleh Walikota Manado dan Ketua TP-PKK Kota Manado kepada tiga orang juri yaitu Dr. Daglan M. Walangitan, M.Pd., Maichel R. Wangengetan, dan Alrik Lapian, S.Th., M.Sn.