Walikota Manado, Vicky Lumentut, diwakili Wakil Walikota Mor Bastiaan, didampingi Kaban Bapelitbangda Kota Manado, Liny Tambajong, menghadiri acara Mayor Caucus 2019 dan Kongres Internasional Perencanaan Wilayah dan Kota/ ISOCARP World Planing Congress 2019 ke 55 di Jakarta, Balaikota Bogor, Senin (09/09), atas undangan Pengurus Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Pemerintah Kota Bogar selaku tuan rumah.

Wawali mengatakan, Mayor Caucus 2019 ini merupakan pertemuan seluruh Walikota se Indonesia yang bertujuan untuk mendiskusikan implemen tujuan ke 11 SDGs yaitu, menjadikan Kota dan Pemukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan. 

“Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Kongres ke 55 Perencanaan kota sedunia, (55th ISOCARP Wolrd Planing Congress 2019) yang bertemakan Beyond The Metropolis, yang dilaksanakan dari tanggal 9 – 13 September 2019 di Hotel Borobudur Jakarta,” ujar Wawali.

Ditambahkan Wawali, dinamika pembangunan terus berubah sesuai dengan kemajuan peradaban manusia. Kedepannya banyak tantangan yang semakin kompleks menuntut pelaku pembangunan untuk menyesuaikan diri dan menyusun strategi-strategi baru yang relevan dengan isu yang dihadapi serta mampu menjamin keberlanjutan bagi generasi mendatang, yang bertujuan guna Pembangunan Berkelanjutan atau dikenal dengan Sustainable Development Goals.

“(TPB/SDGs) hadir sebagai sebuah paradigma yang menawarkan pembangunan yang komprehensif dan holistik untuk setiap dimensi kehidupan, yang tidak hanya mendahulukan kepentingan ekonomi, melainkan juga memberi ruang untuk terciptanya kohesivitas sosial dan keberlanjutan lingkungan”. Sembari mengatakan tujuan 11 TPB ini berfokus untuk mencapai kota dan permukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan. Semakin banyaknya penduduk yang memilih untuk tinggal di perkotaan (sebesar 53% pada tahun 2014 menurut UN Indonesia, 2017) membuka lebih banyak kesempatan untuk maju di satu sisi.

Turut Hadir Seluruh Walikota Se-Indonesia, Ketua IAP Bernardus, Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Dirjen Pengembangan Daerah,Kementrian Dalam Negeri,Gubernur Provinsi Jawa Barat H. Mochamad Ridwan Kamil, dan Para Undangan.(bag.pemhum)