Lomba Paduan Suara antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Manado ke-399 tahun, berakhir pada (28/07/2022). Lomba yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut di Gedung Serbaguna, Kantor Walikota Manado ini berhasil dimenangkan oleh Perangkat Daerah (PD) Pasar. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado, Dr. Micler Lakat, S.H., M.H., bersama Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembagunan Setda Kota Manado, Atto R.M. Bulo, S.H., M.M., selaku juga Ketua Panitia Lomba Paduan Suara menyerahkan hadiah kepada enam SKPD yang mendapatkan nilai tertinggi.

Di hari kedua sekaligus hari terakhir dari Lomba Paduan Suara, sisa peserta yang akan tampil ada 20 peserta. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Manado selaku panitia pun membagi para peserta yang akan tampil ke dalam dua sesi di mana setiap sesinya diisi oleh masing-masing 10 peserta. Sebelum lomba dimulai, panitia meminta Sekda Kota Manado untuk memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Lomba Paduan Suara hari kedua. Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan dua hal yaitu pertama mengenai pengembangan potensi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) dalam bernyanyi serta kedua, apresiasi kepada para Kepala SKPD yang telah berpartisiapsi dalam Lomba Paduan Suara ini. 

“selain bertujuan untuk mempererat hubungan dan membangun sinergitas antar SKPD, melalui lomba ini kita bisa tahu potensi dari ASN dan THL kita yang suka menyanyi dan itu bisa kita kembangkan. Lomba-lomba seperti ini juga baik dan menguntungkan Pemerintah Kota Manado seperti pada beberapa waktu yang lalu, kita telah mengirim utusan ke Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) di Yogyakarta dan mendapat hasil yang baik. Untuk itu, pada kesempatan ini saya ingin mengapresiasi dan berterima kasih kepada para Kepala SKPD atas keikutsertaannya dalam lomba ini. Atas nama Pak Walikota dan Wakil Walikota menyatakan Lomba Paduan Suara hari kedua, dimulai, ” sambutnya.

Selesai Sekda Kota Manado memberi sambutan, Lomba Paduan Suara hari kedua dimulai. Pada sesi pertama, peserta-peserta yang tampil antara lain Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Dinas Pangan, Kecamatan Wanea, Dinas Sosial, Sekretariat DPRD, Dinas PUPR, dan Dinas Pariwisata. Selanjutnya di sesi kedua, ada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Badan Kesbangpol, PD Pasar, Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Bapelitbangda, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Dukcapil, dan Kecamatan Tuminting. Perlombaan berlangsung mulai dari pukul 11.00-16.30 WITA.

Di akhir lomba, Sekda Kota Manado menutup Lomba Paduan Suara yang dilanjutkan dengan pemberian hadiah berupa trofi dan piagam penghargaan kepada para pemenang bersama Asisten II Kota Manado. Adapun nama-nama para pemenang yaitu: 

1 Pemenang Pertama: PD Pasar

2 Pemenang Kedua: Dinas PUPR

3 Pemenang Ketiga: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

4 Harapan 1: Sekretariat Daerah

5 Harapan 2: Dinas Kesehatan

7 Harapan 3: BKAD