Peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2020 digelar secara berbeda di Kota Manado. Jika di Istana Negara dan di seluruh Provinsi/Kab/Kota di Indonesia upacara digelar dengan seremoni kenegaraan di lapangan terbuka atau di pusat pemerintahan, sesuatu yang berbeda dan unik sekaligus monumental dilaksanakan di Manado. Upacara Bendera dilaksanakan secara virtual dengan penaikkan bendera di 4 titik berbeda yakni di Puncak Manado Tua, Taman Godbless, Kantor Dinas Pariwisata, dan Pantai Karangria, dengan pusat kegiatan di Puncak Manado Tua, dengan Inspektur Upacara Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut.

Sementara itu kegiatan seremoni lainnya yakni Pembacaaan Teks Proklamasi, Doa, digelar di Ruang Paripurna DPRD Kota Manado. Menariknya pusat virtualisasi upacara dikendalikan dari Pusat Kendali TIK Pemerintah Kota Manado, Cerdas Command Center. Tak pelak, peristiwa ini menjadi catatan sejarah penting dalam perjalanan pemerintahan di Kota Manado karena untuk pertama kalinya HUT Proklamasi RI digelar Pemerintah di Puncak Manado Tua.




Upacara yang digelar sekitar pukul 10.00 dipimpin oleh Komandan Upacara Kapten Chb Nixon Noldy Kukus dari Kodim 1309 Manado berlangsung khidmat dan lancar meski dilaksanakan dari berbagai lokasi berbeda, dikoordinasikan oleh Asisten Administrasi Umum, Peter K.B. Assa dan Cerdas Command Center Pemerintah Kota Manado, termasuk Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Manado, Dra. Aaltje Dondokambey, M.Kes, Apt. dan Doa oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Manado, H. Irwan Musa dan diikuti oleh Pejabat Sipil dan Militer di Kota Manado.

Usai upacara, jelang peringatan detik-detik Proklamasi di Istana Negara yang dipimpin Presiden Jokowi, yang diikuti secara virtual dari Manado Tua, Walikota Manado dengan semangat mendeklarasikan Manado Merdeka dari Covid19 ’ Hari ini Senin 17 Agustus 2020, dari Puncak Manado Tua, Saya GSVL menyatakan bahwa Pariwisata di Kota Manado mulai hari ini Torang Buka Kembali. Puncak Manado Tua ini, saya mengajak kita untuk Deklarasikan Manado Merdeka Covid19. Caranya agar kita disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Pake Masker ketika berada di luar rumah, tidak boleh dilalaikan, jaga jarak, dan sering cuci tangan pakai sabun. Mari jo ba kobong, daripada bakumpul yang memudahkan penularan Covid19, dan Tekun Berdoa minta belas kasihan Tuhan agar Kota kita dipulihkan dari Covid19. Dari tempat ini saya juga hendak menyampaikan lebih dari 5 bulan pariwisata kita tidak bergerak. Di tempat ini, hari ini, Senin, 17 Agustus 2020, dari Puncak Manado Tua, saya G.S. Vicky Lumentut menyatakan bahwa Pariwisata Kota Manado mulai hari ini Torang Buka Kembali. Hotel, Pusat Hiburan, Pusat Belanja, kita buka kembali sambil mengundang turis yang ada baik domestik dan mancanegara silahkan datang ke Manado. Kami tetap menjaga Protokol Kesehatan. Masyarakat kita Cerdas.

Dari tempat ini torang samua sudah bersepakat, kami hendak menjadikan Manado Tua sebagai Tambahan Obyek Wisata Baru di Kota Manado selain Taman Nasional Laut Bunaken. Datanglah ke Puncak Manado Tua untuk melihat Kota Manado yang indah. Saya dan teman-teman bertekad tanpa menggunakan dana APBD, torang akan bangun tangga dan tempat beristirahat di Puncak Manado Tua supaya tempat ini dapat menjadi Destinasi Wisata Religi baru, agar dirinya dan Kota Manado diberkati oleh Tuhan,’ kata Walikota sambil mengakhiri deklarasi dengan pekik Indonesia Maju dan Manado Cerdas yang dibalas dengan pekikan Merdeka bersama Perwakilan Forkompimda, Perbankan, rohaniwan, tenaga kesehatan, tokoh masyarakat Pulau Manado Tua.

Selamat Memperingati HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Dirgahayu Indonesia. Manado Cerdas Menuju Indonesia Maju.