Ibadah syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Walikota Manado GS Vicky Lumentut dirangkai dengan syukuran opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diserahkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2017 Pemerintah Kota (Pemkot) Manado berlangsung di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Jumat (08/06) pagi hingga siang.

Ibadah dipimpin Wakil Sekretaris bidang Data dan Informasi Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Pdt Janny Ch Rende MTh itu berlangsung sederhana namun sarat makna.

Hadir pula isteri Walikota yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Julyeta PA Lumentut Runtuwene, Wakil Walikota (Wawali) Mor D Bastiaan dan Isteri Imelda Bastiaan Markus serta Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Rum Usulu bersama isteri. Tampak juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado Nortje Van Bone serta beberapa anggota dewan Kota Manado.

Dalam kesempatan itu, didampingi isteri dan anak Kristo Ivan Lumentut bersama cucu tercinta Livesia Rondo disaksikan Wawali dan isteri serta Sekda Usulu dan isteri, Walikota Vicky Lumentut meniup lilin ulang tahun.

Usai meniup lilin, Walikota mengatakan bertambahnya umur harus pula dibarengi dengan kualitas hidup. Seberapapun umur manusia yang dikaruniakan Tuhan, haruslah menjadi berkat bagi banyak orang.

“Seperti dikatakan Pak Pendeta Rende, kalau dihitung dari depan umur kita terus bertambah, tetapi kalau hitung mundur dari belakang umur kita juga semakin berkurang. Karena itu, sebagai kesaksian saya, hidup itu harus pula dibarengi seberapa besar kualitas hidup yang kita miliki,” tukas Walikota.

Terkait opini WTP yang diterima Pemkot Manado dari BPK RI, Walikota mengaku jika hasil itu merupakan buah kerja keras semua pihak.

“Ketika tahun 2017 lalu saya menerima opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian) untuk hasil kerja tahun 2016, saya bertekad untuk merebut kembali WTP. Tekad itu yang saya semangati bersama Pak Wakil Walikota agar kita bisa rebut WTP untuk hasil kerja 2017 yang diterima tahun 2018 ini. Dan inilah hasilnya, memang butuh perjuangan untuk mencapai sebuah hasil yang baik. Terima kasih kepada Pak Sekda, kepala-kepala Perangkat Daerah serta kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah. Memang harus dikawal, inilah ungkapan syukur kita semua dan menjadi tantangan bagi kita untuk mempertahankan opini WTP ini pada tahun-tahun mendatang,” tandas Walikota.

Acara diwarnai dengan persembahan puji-pujian dari tim Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) serta jabat tangan dan ucapan  selamat kepada Walikota. (bag.pemhum)