Walikota Manado Bpk. Andrei Angouw membuka sekaligus memimpin Kegiatan Penajaman Rancangan Akhir Renja Perangkat Daerah Tahun 2022, Kamis, 27 Mei 2021 WITA, bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado. Acara diawali Laporan Pelaksanaan kegiatan oleh Sekretaris Kota Manado Bpk. Micler C.S. Lakat.

Hadir dalam kegiatan ini para staff ahli, para asisten, Kepala Bapelitbang Kota Manado, Kepala Dinas dan Badan serta pejabat struktural yang berkewenangan untuk hadir.

Dalam sambutan dan arahan Bpk. Walikota menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah penajaman RKPD dan bagaimana kita melihat Visi Misi Program AARS. 

"Dalam Perencanaan ini harus dibuat sebaik mungkin sebelum menjadi rancangan APBD. Hal ini harus diseriusi dengan melihat Visi Misi dan program AARS," kata Walikota.

Dalam arahan selanjutnya Walikota stressing pada persoalan kebersihan dan keindahan kota seperti taman-taman kota yang bagi Bpk. Wali Kota akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan Para Camat.

Soal sampah harus fokus di TPA Sumompo terutama agar proses sampah dari Kelurahan, Kecamatan sampai dibawah ke TPA Sumompo bisa berjalan lancar. "Hambatan antrean truk sampah di TPA untuk pembongkaran bisa diminimalisir," tegas Walikota.

Walikota juga menekankan soal pendataan yang harus akurat supaya dapat melakukan program dan kegiatan sesuai dengan data yang benar-benar akurat. Hal-hal lain menjadi catatan khusus dari Walikota adalah soal Kesehatan, soal pendidikan, permasalahan THL termasuk kesejahteraan para Guru-guru. Soal Tempat Pemakaman Umum (TPU), penataan transportasi dalam Kota seperti angkutan umum. Soal transportasi diharapkan agar hal ini harus berkoordinasi antar SKPD termasuk dengan Pemerintah Provinsi dan Kementrian Perhubungan.

Selesai arahan Walikota, acara dilanjutkan dengan Pengantar RKPD oleh Kepala Bapelitbang serta penyampaian program kegiatan per Perangkat Daerah.