Opening Ceremony atau pembukaan iven pariwisata Manado Fiesta 2018 berlangsung spektakuler, Jumat (31/08/2018) siang hingga malam. Kegiatan yang memasuki tahun ke-2 dengan tujuh festival (F7) yakni Fish and Coral (FisCo), Food, Flying, Fashion, Funtastic, Fair dan Faith itu, dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito, Wakil Walikota Manado Mor D Bastiaan, serta pejabat teras Pemerintah Daerah, TNI/Polri.


Dalam laporannya, Walikota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan iven pariwisata Manado Fiesta 2018 bertujuan untuk mengangkat potensi bawah laut Taman Laut Bunaken dalam bentuk karnaval kendaraan hias, serta parade harmonisasi kerukunan dalam bingkai Manado sebagai Rumah Besar Kita Bersama.
“Dua hal yang hendak kita tonjolkan dalam iven Manado Fiesta, pertama kami ingin mengangkat apa yang ada di dasar laut Bunaken ke permukaan dalam bentuk karnaval kendaraan hias,” ujar Walikota.

“Yang kedua, kita ingin sampaikan pesan kepada dunia bahwa Kota Manado menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan kerukunan. Meskipun, masyarakat Manado merupakan masyarakat yang majemuk, multi agama, multi etnis dan suku, namun bisa hidup berdampingan secara rukun dan damai,” tegas Walikota.

Walikota mengusulkan agar Manado Fiesta masuk dalam calender of Event Kementerian Pariwisata. Olehnya, Manado Fiesta akan dibahas dengan DPRD Manado untuk dibuatkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Manado, “Pak Menteri yang terhormat, saya mengusulkan agar kegiatan Manado Fiesta ini agar dibuatkan Perda. Sehingga, kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun dengan payung hukum yang jelas. Siapapun yang jadi pemimpin di Kota Manado, harus menggelar Manado Fiesta setiap tahunnya karena sudah di Perda-kan,” kata Walikota.

Meresponnya, Mendagri Tjahjo Kumolo menyatakan persetujuannya. “Saya setuju jika kegiatan Manado Fiesta ini di-Perdakan. Silahkan dibahas dengan DPRD, agar nantinya iven ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” ujar Mendagri, seraya menyampaikan terima kasih kepada Walikota dan Wakil Walikota dan jajarannya atas penyelenggaraan kegiatan Manado Fiesta.(ES)