(manadokota.go.id) Civitas akademika Universitas Negeri Manado (UNIMA) melakukan Kuliah Umum berjudul “Peran Mahasiswa dalam Mencegah Disintegrasi Bangsa guna Memperkokoh NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)” pada Sabtu (29/07/2017). Pihak Rektorat UNIMA menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) H Imam Nahrawi, S.Ag, sebagai narasumber.

Rombongan Menpora, didampingi Walikota Manado G.S. Vicky Lumentut, tiba di Kantor Pusat UNIMA di Tondano, Kabupaten Minahasa, disambut Rektor Unima Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene, MS DEA. ”Selamat datang Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga di kampus yang sejuk dan hijau ini. Kami berharap, kedatangan Pak Menteri memberikan kuliah umum kepada mahasiswa, akan memotivasi seluruh civitas akademika Universitas Negeri Manado dalam menjalankan peran masing-masing,” kata Rektor UNIMA.

Dalam kesempatan tersebut, Menpora membangkitkan semangat nasionalisme mahasiswa UNIMA dengan meneriakkan yel-yel Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus membagi pengalaman pribadi, bagaimana beliau bisa dipercayakan sebagai Menteri, padahal awal cita-cita ingin menjadi guru.

Terpisah, Walikota Manado mengaku salut dengan Menpora. Apalagi, semangat beliau untuk mempertahankan kokohnya NKRI. ”Di tengah adanya ancaman disintegrasi bangsa, saya terkesan dengan semangat pak Menteri. Semangat ini akan memberikan motivasi bagi masyarakat Kota Manado sebagai bagian dari NKRI,” ujar Walikota Manado.

Lanjut, dihadapan ribuan mahasiswa Unima, Menpora mengajak untuk memelihara sikap toleransi di tengah berbagai perbedaan. ”Semua kita memiliki perbedaan. Berbeda suku, berbeda agama, berbeda warna kulit, tetapi kita semua adalah satu Indonesia. Jadi, jangan ada yang saling mempertentangkan berbagai perbedaan itu,” ujar Menpora. (ESAM)