Rabu, 25 Januari 2023, Wali Kota Manado Bpk. Andrei Angouw mengikuti secara daring Rapat Koordinasi Inspektur Daerah Seluruh Indonesia Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, di ruang rapat Wali Kota Manado.
Rapat koordinasi secara hybrid melalui aplikasi zoom meeting dan langsung dari Hotel Borobudur Jakarta ini, dilaksanakan dalam rangka penandatanganan kerja sama antara Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan dan Kepolisian, tentang koordinasi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH) terkait penanganan laporan atau pengaduan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.
Selain penandatanganan kerja sama, rapat ini juga dirangkaikan dengan launching aplikasi APIP Lapor.
Rapat dilanjutkan dengan arahan dari Jaksa Agung Republik Indonesia Bpk. Prof. Dr. Sanitiar Burhanuddin, S.H., M.H. Dalam arahannya, Jaksa Agung menyoroti peran Inspektorat di daerah ketika berhadapan dengan masalah yang dihadapi Kepala Daerahnya.
Setelah itu, Kabareskrim Polri Bpk. Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H, menyampaikan materi terkait tindakan Polri dalam pengawasan dan pencegahan korupsi.
Dalam kesempatan ini juga Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Bpk. Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D, menyampaikan arahannya terkait pertumbuhan ekonomi dan inflasi. “Jadi kalau APIP kuat, maka Kepala Daerahnya akan jadi aman,” kata Mendagri.
Selanjutnya, rapat dilanjutkan dengan Panel I tentang Pengawasan Pengelolaan APBD dan Panel II tentang Pengawasan Pelayanan Publik, Keuangan Desa, BUMD dan Penguatan APIP.
Turut hadir mendampingi Wali Kota dalam kegiatan ini Kapolresta Manado Bpk. Kapolresta Manado Bpk. Kombes Pol. Julianto Sirait, S.H., S.I.K, Kepala Kejaksaan Negeri Manado Ibu Esther Sibuea, S.H., M.H, Kepala Inspektorat Kota Manado Bpk. Jeffrey Andries, S.T., SST.Ak, dan perwakilan Kodim 1309/Manado.