Kamis, 19 Januari 2023, Wali Kota Manado Bpk. Andrei Angouw bersama Gubernur Sulawesi Utara Bpk. Olly Dondokambey, S.E, menghadiri peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan oleh Presiden Republik Indonesia, di Kabupaten Minahasa Utara.
Bendungan yang melalui proses pengisian awal atau impounding pada akhir November 2022 lalu ini, telah rampung untuk diresmikan Presiden Republik Indonesia Bpk. Ir. H. Joko Widodo.
Bendungan Kuwil Kawangkoan dibangun sejak tahun 2016, memiliki kapasitas 26 juta meter kubik, luas genangan 157 hektar, dan dibangun dengan anggaran 1,9 triliun rupiah.
Presiden Republik Indonesia dalam sambutannya menyampaikan manfaat dari bendungan ini, yakni selain untuk keperluan irigasi lahan pertanian, Bendungan Kuwil Kawangkoan juga bermanfaat untuk meredusi banjir di Sulawesi Utara.
Presiden juga menjelaskan bahwa bendungan ini dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat. “Bendungan Kuwil ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro, yang menghasilkan tenaga listrik 2 kali 0,70 megawatt. Meskipun kecil, tetapi bisa menjadi pembangkit listrik tenaga mikrohidro,” kata Presiden.
Dalam kesempatan ini, Presiden berinteraksi dengan pelajar sekolah yang hadir dengan memberikan pertanyaan dan hadiah berupa sepeda.
Setelah peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan ini, Presiden bersama rombongan terbatas menebarkan benih ikan di bendungan.
Turut hadir dalam acara peresmian ini Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Dr. Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D, Sekretaris Kabinet Indonesia Dr. Ir. Pramono Anung Wibowo, M.M, Kepala Daerah se-Sulawesi Utara, dan Forkopimda Sulawesi Utara.