Senin, 30 Januari 2023, Wali Kota Manado Bpk. Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Manado Bpk. dr. Richard Sualang melakukan rapat evaluasi penanggulangan bencana di Ruang Rapat Wali Kota Manado.
Wali Kota mengawali rapat dengan menggambarkan kondisi lokasi pemukiman di Kota Manado ketika curah hujan tinggi pada 27 Januari 2023 lalu, yang kemudian terdampak bencana banjir dan longsor.
Selanjutnya, Wali Kota mendengarkan beberapa informasi yang disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Manado Bpk. Donald Sambuaga, S.STP., M.Si, terutama terkait program BNPB ketika berkunjung ke Sulawesi Utara dan Kota Manado.
Fokus Pemerintah Kota Manado saat ini adalah menyiapkan penampungan bagi masyarakat yang terdampak bencana, yaitu perumahan relokasi di Pandu.
Pembahasan dilanjutkan dengan identifikasi lokasi-lokasi terdampak bencana banjir dan longsor oleh Camat. Wali Kota berharap agar sistem penanganan sampah seperti di kecamatan dapat terus beroperasi. Para Camat juga diminta untuk mengawasi oknum-oknum yang meminta sumbangan bencana di jalanan.
Setelah itu rapat dilanjutkan dengan membahas hal-hal yang perlu dilakukan pasca bencana banjir, diantaranya normalisasi anak sungai, drainase dan saluran-saluran air.
Diakhir pembahasan, Wali Kota menyampaikan bahwa semuanya harus bekerja semaksimal mungkin untuk mengembalikan kondisi Kota Manado seperti semula. “Semua ini kita lakukan untuk masyarakat Kota Manado,” kunci Wali Kota.
Hadir dalam rapat evaluasi ini Sekretaris Daerah Kota Manado Bpk. Dr. Micler Lakat, S.H., M.H, para Asisten, Kepala Dinas Kominfo Bpk. Erwin Kontu, S.H, Kepala Dinas PUPR Bpk. Johny Suwu, S.T, Kepala Dinas Perkim Bpk. Peter Eman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bpk. Frangky Porawouw, S.H, dan Kepala Dinas Perhubungan Bpk. Jeffry Worang.