Dalam rangka mengurangi penyebaran COVID-19 Pemerintah Kota Manado menyadari peran strategis dari masyarakat untuk dapat memikirkan bersama dan memberikan ide dan solusi terbaik. Untuk itu, Satu Tampa sebagai startup ecosystem builder bekerja sama
dengan Pemerintah Kota Manado membuat Program sinergitas Pemerintah dan
Masyarakat melawan Covid-19 “ Manado Kase Ide ” Selasa (5/5)


Melalui aplikasi zoom kegiatan ini dihadiri oleh 28 peserta beserta juri dan dilaksanakan secara live streaming di akun facebook fanpage Kota Manado agar dapat di saksikan secara terbuka oleh seluruh masyarakat kota Manado. Tercatat ada 5900 views atau penonton dalam kegiatan tersebut dan dalam hal ini Mor Bastian selaku Wakil Walikota Manado ditunjuk langsung sebagai juri pertama, Amelia Tungka yang adalah Direktur PT. Jasa Mega Kelola sebagai juri kedua dan Rama Hidayat merupakan AVPN Southeast Asia Consultan for Indonesia akan memilih beberapa ide-ide yang telah dikumpulkan oleh para peserta kegiatan tersebut.
Selain saling mengumpulkan ide-ide dari masyarakat kota Manado dan para anak muda bangsa, dibuka juga sesi Tanya jawab masyarakat kota Manado kepada Pemerintah kota Manado yang nantinya akan dijawab langsung oleh Wakil Walikota Mor Bastian.


Seperti pertanyaan yang disampaikan oleh salah satu masyarakat kota Manado mengenai apakah Manado akan ada PSBB? Mor-pun menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada rencana kesana mengingat ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar supaya bisa dicapai dan berharap adanya kesadaran bersama dari masyarakat untuk mengutamakan kesehatan dan karantina mandiri untuk mengurangi aktivias diluar rumah.
Kegiatan tersebut sangatlah efektif untuk mengetahui apa saja yang menjadi keluhan dan pemikiran masyakarat kota Manado karena masyarakat bisa melalui komentar untuk dapat berdiskusi dengan peserta beserta juri dalam ikut serta memerangi Pandemi yang kita alami sekarang.
 Adapun 3 ide terbaik yang menduduki posisi juara 1,2 dan 3 yakni juara pertama Pieta Wiemasuryaning dengan ide yang dipaparkannya ialah ”Bank Mandiri”, kemudian juara kedua diduduki oleh Christofer Junior Mea dengan ide yang dipaparkan yakni “Penyediaan APD per keluarahan” dan yang pada posisi juara tiga diduduki oleh Jackson Tinungki dengan ide yang dipaparkan adalah “Aplikasi Tracing Pasien ODP, PDP, dan Positif Covid-19”.
Kegiatan inipun diselenggarakan adalah sekaligus riset untuk memahami sejauh mana pengetahuan masyarakat terhadap Covid-19, seberapa sadar masyarakat atas program-program pemerintah mengenai Covid-19 dan seberapa aktif peran masyarakat untuk bersama melawan Covid-19 khususnya di kota Manado.