Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dalam hal ini Walikota, GS Vicky Lumentut, dan Wakil Walikota, Mor D Bastiaan beserta jajaran instansi terkait lainnya, dalam menekan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Diseases 2019 (2019) terus dilakukan.

Berbagai program baik bersifat sosialisasi pengedukasian kepada masyarakat terkait protokol kesehatan, yang diikuti dengan tindakan nyata pun telah dan sementara dilaksanakan oleh Pemkot Manado. Salah satu tindakan yang diambil pasca ditetapkan salah satu kluster baru pinasungkulan, yang terkonfirmasi adanya peningkatan kasus covid-19 di area pasar pinasungkulan.

Maka Walikota langsung bertindak melakukan rekayasa pasar pinasungkulan, setelah berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manado dan PD Pasar kota Manado.

Untuk memastikan pelaksanaan rekayasa pasar berjalan lancar. Walikota, melakukan peninjauan langsung ke lokasi rekayasa pasar pinasungkulan, Rabu,(03/06), pagi tadi.

“ Hari ini saya melakukan peninjauan rekayasa pasar pinasungkulan, sambil memastikan apakah apa yang telah kita atur selama ini baik itu penjagaan jarak, pengecekan suhu tubuh dan pakai masker apakah berjalan lancar,” kata Walikota

Selain itu, Walkota juga melakukan pengecekan kesiapan para petugas medis di Puskesmas.

“Saya juga melakukan pengecekan kesiapan rekan-rekan petugas di puskesmas, yang memantau terus hasil rapid test karena ada beberapa hasil swab menunjukkan hasilnya positif dan itu harus dibawa ke rumah sakit untuk di isolasi,” ucap Walikota.