Safari silaturahmi dalam rangka hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriyah tahun 2018 dilaksanakan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Jumat (15/06) pagi hingga malam hari. Perkunjungan Pemkot Manado untuk memberi ucapan selamat dari rumah ke rumah tersebut dipimpin langsung Walikota GS Vicky Lumentut bersama Wakil Walikota (Wawali) Mor D Bastiaan.

Didampingi isteri masing-masing yakni Julyeta PA Lumentut Runtuwene dan Imelda Bastiaan Markus serta sejumlah pejabat, rombongan Walikota dan Wawali Manado itu, diawali dari rumah dinas Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut) M Roskanedi di jalan Ch Taulu Kelurahan Bumi Beringin, Kecamatan Wenang. Selain memberi ucapan selamat Idul Fitri, dalam kegiatan silaturahmi tersebut, Walikota maupun Wawali dijamu dengan makanan dan minuman khas Idul Fitri.

Beberapa pejabat Pemkot Manado yang beragama Muslim seperti Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Rum Usulu dan isteri ikut menyambut kedatangan Walikota dan Wawali dengan perasaan senang.

Usai dari rumah dinas Plt Sekda Manado di Kelurahan Pakowa, Kecamatan Wanea, rombongan Walikota dan Wawali Manado mendatangi beberapa pejabat baik pusat maupun dari termasuk anggota DPRD Manado diantaranya, Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIII Merdeka Mayjen TNI Madsuni, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono di Jalan Martadinata Kelurahan Dendengan Luar, Kecamatan Paal Dua, Komandan Pangkalan Udara Sam Ratulangi (Danlanudsri) Kolonel Nav Insan Nanjaya di Kecamatan Sario, serta Komandan Daerah Militer (Dandim) 1309 Manado Letkol Arif Harianto di Jalan Manado Tomohon, Kelurahan Winangun, Kecamatan Malalayang. Selain itu, ada beberapa rumah anggota DPRD Manado yang dikunjungi Walikota dan Wakil Walikota, diantaranya Fanny Matali di Kecamatan Singkil, Syariffudin Saafa di Kelurahan Wonasa, Kecamatan Singkil dan Abdul Wahid Ibarahim di Kelurahan Sindulang, Kecamatan Tuminting, Fatma bin Syek di Kelurahan Sindulang, Kecamatan Tuminting dan Syariffudin Taha di Kelurahan Singkil Kecamatan Singkil. Rumah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut di Kelurahan Banjer, Kecamatan Tikala KH Abdul Wahab Abdul Gofur juga Ketua MUI Kota Manado Mashar Kinontoa SAg dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Provinsi Sulut H Sya’ban Mauluddin do Kevamatan Tuminting dan Kepala Kemendag RI Kota Manado Irwan Musa di Kecamatan Tikala. Serta di rumah Kadis Perhubungan Kota Manado, M Sofyan di Paal 4 dan terakhir di rumah Tim ibu-ibu Fatonah di Kecamatan Singkil.

Walikota Vicky Lumentut mengatakan kondisi kota Manado selama hari raya Idul Fitri dalam keadaan aman terkendali.

"Saya mendapat informasi di 504 lingkungan, kondisi Kota Manado dalam situasi yang aman, damai dan terkendali," ujar Walikota.

Walikota berharap, kondisi yang aman, damai dan rukun yang tercipta di Kota Manado selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri dapat terus dipertahankan.

"Mari kita terus pertahankan kondisi Kota Manado yang aman, damai dan rukun. Mari kita pertahankan pula Manado sebagai kota Paling Toleran di Republik Indonesia ini, dengan menjaga sikap hidup toleransi diantara warga kota yang berbeda suku, agama dan ras," pungkas Walikota. (bag.pemhum)