Menunjang perbaikan kinerja dan prestasi di Pemerintah Kota Manado, seluruh Perangkat Daerah (PD) diwajibkan membuat inovasi baru. Hal ini dianjurkan agar program kerja tidak terkesan basi dan hanya copy paste dari program kerja sebelumnya. Sehingga, selain menampilkan suasana baru dari kreativitas program, masyarakat sendiri diharapkan mendapatkan dampak inovasi tersebut.

“Saat ini Walikota Manado sudah mewajibkan beberapa perangkat daerah untuk melakukan inovasi program minimal ada satu program baru setiap bulannya. Terobosan ini tidak hanya dilakukan demi kepentingan dan prestasi di lingkup pemerintah, tapi juga bagaimana masyarakat bisa menikmati inovasi tersebut. Yang mana, saat ini Perangkat Daerah yang mulai diberlakukan wajib kreasi program ialah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado,” ujar Wakil Wali Kota Mor Dominus Bastiaan.

Lanjutnya, Penerapan kepada perangkat daerah terkait tidak akan terbatas. Tentunya hal ini masih akan didorong untuk dilakukan secara ramai-ramai bagi PD yang lain untuk berbenah dan berinovasi. Sebab, program kerja tanpa kreativitas dan inovasi tidak termasuk dalam pembangunan yang berkesinambungan. Sebab itu, demi terciptanya suasanya yang tampil beda, setiap perangkat daerah harus berani membuat terobosan yang tujuannya demi pelayanan publik yang baik bagi masyarakat.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kominfo Erwin Kontu mengatakan kebijakan yang diambil pimpinan sangatlah baik. Karena, selain target utama yaitu pelayanan publik, disatu sisi secara langsung memberi dampak positif kepada intansi yang melakukannya. “Kami diwajiban untuk melakukan inovasi program kerja yang berbeda-beda setiap bulan. Program ini kemudian akan dibicarakan untuk dilanjutkan dan dilakukan perbaikan, atau harus dicarikan inovasi yang baru,” tukas Kadis Kominfo Manado.(JT/ES)