(manadokota.go.id) Dalam upaya menciptakan kota bersih, hijau, indah dan berwawasan lingkungan, serta memaknai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah kota Manado menggelar Apel dan dilanjutkan dengan kerja bakti, Sabtu (23/02) hari ini, berlokasi pantai Bitung Karangria Kecamatan Tuminting.

Walikota Manado Vicky Lumentut, pada kesempatan tersebut,  mengatakan peringatan HPSN pada tanggal 21 Februari untuk mengenang tragedi longsornya TPA Leuwigajah yang menelan korban jiwa di Jawa Barat yang terjadi pada pada 21 Februari 2005 lalu. Ditambahkan Walikota Manado, melalui kegiatan ini terus mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan, menjadikan Kota Manado bersih, hijau dan indah serta berwawasan lingkungan. Kebersihan dimulai dari dalam diri kita, tempat tinggal kita, dan tempat kerja kita.

“ Manado torang pe rumah besar, mari torang jaga bersama kebersihan dan keindahan, deng jangan mengaku orang manado kalu torang masih buang sampah sambarangan”.

Kesempatan tersebut, Pemerintah Kota Manado memberikan tong sampah dan komposter secara simbolis kepada Sekolah Adiwijaya (Sekolah yang berbudaya dan berwawasan lingkungan) tingkat SD dan SMP, serta tumbler bagi masyarakat yang mampu mengumpulkan sampah plastik. Juga melakukan sosialisasi gerakan Kota Beking Bersih Manado (BBM), Yakni 1. Stop Buang Sampah Sembarangan, 2. Marijo Paka Tumbler, 3. Torang Olah Sampah Organik pake dekomposter/komposter, 4. Ayo ke Bank Sampah, 5. Torang pake tas belanja ramah lingkungan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Manado Mor D Bastiaan, Para Kepala Dinas/Badan, Kabag Pem-Humas Kota Manado, Sonny M Takumansang, unsur TNI/Polri, Camat Tuminting, Lurah, para Kepala Lingkungan, serta Masyarakat sekitar. (GPO/bag.pemhum)