Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Manado tahun 2017, berjalan hikmat bertempat di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado itu, dilakukan oleh WaliKota Manado G. S. Vicky Lumentut, Selasa (15/8/2017).

WaliKota berpesan agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, ”Adik-adik Paskibraka yang baru dikukuhkan saya harap bisa bertugas dengan sebaik mungkin. Ini adalah tugas negara sebagai implementasi dari nilai-nilai Pancasila. Pahami nilai-nilai Pancasila dengan sebaik mungkin, agar ketika bertugas nanti dalam peringatan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Manado, dapat melaksanakan tugas dengan baik dan benar,” ujar WaliKota

Penyematan tanda Paskibraka dari WaliKota  kepada anggota Paskibraka yang menjadi pemimpin upacara, kemudian diikuti para orang tua yang menyematkan tanda Paskibraka kepada anak mereka masing-masing.

Sebelumnya, untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa, ke-50 anggota Paskibraka tahun 2017 yang terdiri dari 27 pria dan 23 wanita itu satu persatu mencium bendera merah putih. Untuk formasi petugas upacara saat hari H nanti, ada 6 penggerek bendera yang akan bertugas pagi dan sore. Demikian juga ada 4 anggota Paskibraka putri pembawa baki yamg bertugas pagi dan sore. Ada pula yang masuk kelompok 17. Sedangkan pasukan 45 ditempati Tentara Nasional Indonesia (TNI).

”Anggota Paskibraka ini merupakan siswa-siswi yang diseleksi dari SMA dan SMK termasuk Madrasah di Kota Manado,” jelas Plt Kepala Dispora Manado Laurens Umboh. Hajatan Pengukuhan Paskibraka ini turut dihadiri Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan dan unsur Muspida Kota Manado.

Untuk diketahui, acara yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Manado itu diikuti oleh 50 calon anggota Paskibraka yang akan bertugas pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI, di lapangan Sparta Tikala Manado. WaliKota Manado yang bertindak sebagai inspektur upacara berharap anggota Paskibraka yang dikukuhkan dapat melaksanakan tugas dengan baik dan benar. (AMS/ES)