Walikota Manado Bpk. Andrei Angouw dan Wakil Walikota Bpk. Richard Sualang siang ini (27/5-2021) memimpin Rapat Koordinasi Satgas Covid - 19 Kota Manado, bertempat di Kantor Walikota Manado.

Dalam rapat ini Bpk. Walikota berharap agar ekonomi bisa berjalan lebih baik dari yang selama ini ketika masih dalam pandemi. Menurut Bpk. Wali Kota aktifitas bisa dilonggarkan, artinya dikaji selama tidak melanggar aturan.

Pemerintah Kota Manado menargetkan agar warga Manado bisa terlayani oleh vaksinasi dan minimal selesai tahun ini khususnya ketegori usia yang ditentukan untuk menerima vaksinasi termin awal. "Masyarakat harus disadarkan soal vaknisasi dan akan disasar lewat rumah-rumah Ibadah untuk tahap awal. Selanjutnya disasar ke  sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga masyarakat lainnya termasuk dipasar-pasar.

Tempat-tempat hiburan bisa dilonggarkan tapi harus prokes dan tetap melihat aturan-aturan. Ini dimaksudkan untuk menggairahkan perekonomian di Kota Manado. Hal ini Bpk. Walikota  meminta pendapat dari forkompinda yang hadir.

Bagi Bpk. Walikota, kita harus berupaya agar masyarakat mau divaksin. Ini perlu sosialisasi dan himbauan agar masyarakat sadar agar pentingnya vaksinasi.

Soal rumah singgah tahanan akan diupayakan memanfaatkan gedung Kitawaya didepan Kantor DPRD yang fasilitasnya sangat representatif. Tapi soal pengawasan sangat penting apalagi bicara soal "tahanan" jangan sampai si tahanan melarikan diri.

Rapat ini dihadiri oleh Dandim Manado, Kapolres Manado, KPN Manado, mewakili Danlanut, mewakili Danlantamal, Sekda Manado, Asisten I, BNPBD Kota Manado dan Dinas Kesehatan Manado.