(manadokota.go.id) Walikota Manado Vicky Lumentut, terus mensosialisasikan program Manado Kota Bersih. Hal ini terlihat dengan giat yang dilakukan Walikota dalam perjuangannya mengkampanyekan budaya bersih dan lingkungan yang sehat.  dimana hampir setiap kegiatan sehari-hari Walikota menggunakan Sepeda dengan Baju bertuliskan,  “ Manado Bersih,Jangan Buang Sampah Sembarangan”. Tak sampai disitu upaya Walikota Manado untuk program kebersihan lingkungan membeli sampah botol plastik perkilonya Rp 5000,-. Menindaklanjuti penegasan Walikota Manado beberapa waktu lalu dalam acara Hari Peduli Sampah Nasional, yang dilaksanakan pantai boulevard Bitung Karangria kecamatan Tuminting. 

“ Untuk mengurai sampah plastik, maka kami akan membeli sampah tersebut, perkilonya Rp 5000,-. Nanti Perangkat Daerah terkait akan mengfasilitasi giat ini,” tegas Walikota Manado.

Terpantau kegiatan pembelian sampah plastik oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, sudah dilakukan tiga hari ini, yang dimulai pada Selasa (26/02) lalu berlokasi di lapangan Sparta Tikala.

Diharapkan, peran aktif ASN dan THL di lingkungan Pemerintah Kota menjadi contoh dalam kita mengkampanyekan budaya bersih di Kota Manado ini. Karena sejatinya Kebersihan lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu,  sampah dan bau yang tidak sedap. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, muntaber dan lainnya. Tidak hanya di bidang kesehatan, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang nantinya bermuara pada kedamaian.

“Semua ini dapat kita raih dengan melakukan perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita” terang Walikota Manado. (GPO/bag.pemhum)