(manadokota.go.id) Kerinduan Pejuang Kebersihan Kota Manado untuk bertatap muka dengan Walikota Manado Vicky Lumentut,  terwujudkan. Bertempat di Kelurahan Buha tak jauh dari TPA, Jumat (15/03) Hari , Walikota memberikan apresiasi kepada para pejuang kebersihan yang keseharian bekerja di TPA Manado.

Menurut Walikota, dalam rangka penataan pembangunan kota Manado nantinya TPA Sumompo akan ditutup dan dipindahakan operasionalnya ke TPA Regional di Minahasa Utara (Ilo-Ilo) sehingga kedepan TPA Sumompo berlahan-lahan akan diahlifungsikan menjadi Hutan Kota yang manfaatnya melindungi keasrian Kota Manado, termasuk di sekitar lokasi TPA ini akan dibangun pasar rakyat dan terminal.

“Pembangunan Pasar dan Terminal juga akan dilengkapi dengan fasilitas publik penunjang seperti, klinik kesehatan, tempat ibadah, sabua langsia dan ruang belajar bagi anak-anak yang orangtuanya berjualan di pasar tersebut.” ujar Walikota.

Sementara itu, Walikota juga tengah menyiapkan para pekerja di TPA untuk mandiri dengan membekali mereka berbagai pelatihan sesuai dengan ketrampilan yang dimiliki termasuk yang akan berjualan, bakal difasilitasi pembiayaan pinjaman KUR yang dijamin oleh Pemkot Manado. (GPO/bag.pemhum)