Walikota Hadiri Upacara Penyambutan Penjaga Perbatasan RI-Timor Leste di Pelabuhan Bitung

Setelah bertugas sekira sembilan bulan menjaga perbatasan Republik Indonesia (RI) dan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), pasukan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) dari Rider Batalyon Infanteri (Yonif) 712/Wiratama, akhirnya kembali ke Sulawesi Utara (Sulut). Kedatangan mereka dijemput dalam suatu upacara yang dipimpin Komandan Resor Militer (Danrem) 131/Santiago Brigjen Inf Joseph Robert Giri SIP MSi mewakili Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka di Pelabuhan Samudera Bitung, Rabu (24/01) pagi.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut yang hadir dalam upacara penyambutan tersebut mengaku sangat bangga dengan TNI, karena menjadi ujung tombak dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya di wilayah perbatasan dengan Negara tetangga. “Kami sangat bangga dengan TNI kita yang memiliki komitmen untuk menjaga kedaulatan Negara kita. Saya menyampaikan selamat datang kepada para anggota Rider Yonif 712 yang telah mengharumkan nama Sulawesi Utara dan juga nama Kota Manado selama melaksanakan tugas di wilayah perbatasan dengan Timor Leste,” tukas Walikota didampingi Asisten I bidang Pemerintahan/Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat dan Kabag Pemerintahan/Humas Steven Runtuwene. Selain itu, tambah Walikota, peran TNI dalam membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menciptakan Kota Manado menjadi kota paling toleran di Indonesia sangat besar. Diantaranya dengan ikut menjaga suasana kondisi ibukota Provinsi Sulut ini tetap aman, nyaman dan terkendali.

“TNI kita juga ikut berperan dalam menjadikan Kota Manado sebagai kota yang toleran dengan tetap terjaganya keamanan dan kenyamanan serta kondisi yang kondusif dan terkendali. Ini pula yang dibawa mereka ketika bertugas di perbatasan. Manado semakin dikenal sebagai kota toleran di Indonesia. Terima kasih saya kepada TNI kita,” tandas Walikota. Dirinya berjanji akan terus mendukung dan menjalin kerjasama yang baik dengan TNI. “Kita akan lihat kedepannya, apa saja yang bisa kita bantu dalam bentuk dukungan kepada TNI kita,” pungkas Walikota. Tampak hadir pula dalam upacara penyambutan tersebut Walikota Bitung Max J Lomban, serta perwakilan unsur Muspida dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Sulut.(bag.pemhum/am)

2018-01-25T04:09:03+00:00 January 24th, 2018|Berita|