Mengenal Pemukiman Cereme

Cereme adalah nama salah satu pemukiman di kota Manado. Bukan nama yang diberikan oleh pemerintah, tapi sebuah nama yang berasal dari masyarakat. Cereme berasal dari kata cereme (bahasa Manado), yang artinya buah cereme (Malay gooseberry).

Dikisahkan bahwa buah yang banyak sebutan dalam bahasa daerah ini, seperti cerme, ceremai, creme, ciremai, atau cereme dulu banyak yang tumbuh subur di Cereme. Karena itu, keberadaan buah yang memiliki banyak varian rasa ini seperti manis, kecut dan sepet diabadikan oleh masyarakat sebagai nama pemukiman.

Walaupun lokasi pemukiman Cereme hanya satu, namun masyarakat membedakannya menjadi dua, yaitu Cereme Dalam dan Cereme Luar.

Cereme Luar dan Cereme Dalam hanya berbatasan jalan, namun berada dalam wilayah kecamatan yang berbeda. Pemisahannya terjadi karena pemekaran wilayah kota Manado.

Cereme Luar berada di kelurahan Islam kecamatan Tuminting. Sedangkan Cereme Dalam berada di kelurahan Singkil I lingkungan I dan kelurahan Singkil II lingkungan III kecamatan Singkil. SolMont.

2017-12-04T07:09:36+00:00 December 4th, 2017|Mengenal Manado|