Mengenal Ikan Nike, Kecil Tapi Nikmat dan Bergizi

Menyantap tinutuan alias bubur Manado tak nikmat rasanya jika tidak dilengkapi perkedel ikan nike. Ikan nike dapat diolah dalam berbagai bentuk seperti pepes dan tumis, namun olahan yang paling banyak disukai adalah dalam bentuk perkedel.

Nike (Awaous melanocephalus) adalah ikan air tawar. Bentuknya kecil dan transparan. Hanya bisa ditemukan di tiga daerah di dunia, yaitu di danau Tondano-Minahasa, Gorontalo dan di salah satu daerah di Perancis.

Ikan endemis air tawar ini memiliki perilaku mirip seperti ikan salmon. Bergerombol dan muncul dalam jumlah yang besar pada suatu lokasi tertentu.

Ikan nike walaupun kecil dengan panjang sekitar 1-2 cm, namun memiliki kandungan gizi yang baik bagi ibu hamil dan pertumbuhan bayi. Menurut Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman MS, PhD, ahli gizi IPB, ikan nike memiliki asam lemak yang setara dengan ikan Salmon. Maksudnya, ikan nike memiliki jumlah omega 3 dan 6 setara dengan yang dimiliki ikan salmon.

Kandungan gizi lainnya adalah kalsium, fosfor, dan zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi. Selain itu, di dalam ikan nike terdapat ARA (asam arakidonat) dan EPA (Eicosapentaenoic Acid) yang sangat baik untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Ikan nike (Awaous melanocephalus) memiliki DHA (docosahexaenoic acid) cukup tinggi. Mengkonsumsi 600 gram ikan nike tiap minggu bisa membantu mencegah depresi bagi ibu hamil maupun ibu yang baru melahirkan.

Ikan yang kecil mungil ini merupakan kekayaan bahan pangan danau Tondano dan menjadi salah satu jualan di pasar tradisional Manado. Kelezatan dan kandungan gizinya yang tinggi membuatnya laris manis di pasaran. SolMont.***

2017-11-15T02:35:50+00:00 November 15th, 2017|Mengenal Manado|