Mengenal Pisang Goroho Kuliner Khas Manado

Manado, adalah salah satu kota di Indonesia yang kaya akan kuliner khas. Datang ke Manado rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati kelezatan pisang goroho (Musa acuminate). Menyantap pisang goroho yang disantap bersama dabu-dabu roa membuat mulut seperti tak mau berhenti mengunyah.

Pisang goroho (Musa acuminate) merupakan jenis pisang varietas lokal yang banyak tumbuh di daerah Sulawesi Utara. Buahnya berbentuk bulat panjang. Daging buahnya saat masih mentah dan matang memiliki warna yang sama, yaitu putih. Hal menarik lainnya adalah warna kulit buahnya pada saat masih mentah dan matang (masak) memiliki warna yang sama juga, yaitu hijau.

Pisang goroho memiliki karbohidrat kompleks tingkat sedang. Merupakan cadangan energi yang sangat baik bagi tubuh.  Kaya mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Bila dibandingkan dengan jenis bahan makanan nabati lainnya, mineral di dalam pisang goroho, khususnya zat besi, hampir 100 persen dapat diserap oleh tubuh.

Cita rasa buah pisang goroho yang masak tidak manis seperti jenis pisang lainnya, tetapi memiliki rasa yang masam. Pisang goroho nikmat disantap bila masih mudah atau belum matang.

Cara menyantap pisang goroho sama dengan tinutuan, yaitu disantap saat masih hangat.  Cita rasanya tidak terlalu nikmat jika sudah dingin.

Direbus, dibakar, digoreng atau dibuat menjadi keripik, adalah sejumlah cara untuk mengolah pisang goroho. Namun, umumnya pisang goroho diolah dengan cara digoreng. Disantap pada waktu pagi atau sore hari usai melakukan pekerjaan. Dabu-dabu roa (sambal) dan teh manis atau kopi manis, adalah pasangannya yang serasi saat disantap. Rasanya yang enak dan gurih kadang membuat harga jualnya mahal seperti rica (cabe rawit), bahkan  sulit ditemukan di pasaran.

Di dalam buah pisang goroho terdapat beberapa senyawa bioaktif seperti Alkaloid, Saponin dan vitamin C yang berfungsi untuk mencegah dan mengurangi terjadinya pembentukan produk senyawa Radikal Bebas.

Pisang goroho mengandung Antioksidan yang berfungsi mencegah terjadinya kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Suplai Antioksidan di dalam pisang goroho dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi klinis penyakit Diabetes Mellitus, karena di dalam buahnya diduga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. SolMont.***

2017-11-13T08:32:08+00:00 November 13th, 2017|Mengenal Manado|