Mengenal Klappertaart Khas Manado

Kelapa sebagai salah satu kekayaan alam kota Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya telah memunculkan kreasi dalam bidang kuliner yang berbahan dasar kelapa muda lembut. Hasil kreasi yang dilahirkan berbentuk kue yang diberi nama Klappertaart.

Bahan dasar Klappertaart terdiri dari daging kelapa muda lembut, tepung terigu, susu, gula, mentega, kuning telur,  air kelapa (jika ingin diperlukan), esen rum vanili, garam secukupnya jika diperlukan, maizena dan sejumlah bahan penambah rasa lainnya.

Untuk membuatnya tidaklah sulit. Banyak cara yang digunakan. Salah satu caranya adalah merebus susu bersama gula, maizena, dan tepung terigu hingga mendidih; angkat rebusan kemudian tambahkan gula, mentega dan kuning telur, lalu diaduk sampai campurannya merata. Selanjutnya tambahkan kelapa muda lembut. Pada bagian atas adonannya bisa diberi taburan kismis, kenari, putih telur yang diolah menyerupai salju, atau bahan lainnya seperti durian. Terakhir panggang hingga matang.

Sesuai perkembangan zaman, inovasi rasa dan resep Klappertart semakin bervariasi; sehingga ada Klappertaart yang dibuat dengan menggunakan roti dan custard; dan ada juga Klappertaart yang dibuat dalam bentuk pie. Proses pembuatannya tidak berbeda jauh dengan pie pada umumnya. Perbedaannya hanya pada isinya, yaitu diisi dengan Klappertaart.

Klappertaart memiliki rasa yang nikmat. Teksturnya begitu lembut, seperti makan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke dalam mulut. Sangat nikmat dimakan dalam keadaan dingin.

Klappertaart termasuk kue (cooky) atau cake yang mengandung kalori cukup tinggi. Karena itu, ada yang membuat Klappertaart dengan menggunakan adonan yang rendah kandungan kalori, yaitu menggunakan susu berkalsium tinggi dan pemanis yang rendah kalori untuk menggantikan susu dan gula yang pada umumnya menjadi bahan Klappertaart . Klappertaart rendah kalori dibuat agar orang-orang yang sedang diet bisa menikmati kelezatannya. SolMont.***

2017-11-13T02:31:50+00:00 November 13th, 2017|Mengenal Manado|