Mengenal Cakalang Fufu Khas Manado

Kota Manado kaya akan kuliner khas, salah satunya adalah cakalang fufu. Cakalang fufu adalah ikan cakalang yang diawetkan dengan cara difufu (diasapi). Tidak semudah mencicipinya, pembuatannya butuh waktu yang relatif lama; prosesnya diawali dengan membuang sisik dan jeroan cakalang, lalu dibelah menjadi dua bagian, selanjutnya dibumbui dan dijepit dengan bilah bambu, kemudian diasapi  antara 2-4 jam.

Umumnya, cakalang (Katsuwonus pelamis) yang difufu adalah berukuran sedang dari famili tuna (Scombridae). Ikan cakalang dikenal juga dengan nama tuna, tongkol dan orang Inggris menyebutnya skipjack. Cakalang yang segar (fresh) dan cara mengasapinya dengan baik adalah kunci kelezatannya.

Pengawetan ikan dengan cara difufu (diasapi) merupakan cara yang baik, sehat, tanpa bahan kimia. Peralatan yang digunakan sangat sederhana, dan gonofu (sabut kepala) sebagai bahan pengasapnya relatif murah dan mudah ditemui, dan proses pengasapannya mudah dilakukan.

Ikan yang diawetkan dengan asap memiliki beberapa keuntungan, antara lain: 1) kadar air di dalam ikan berkurang sampai 40 persen, 2) senyawa-senyawa di dalam asap menghambat pertumbuhan mikroorganisme pembusuk, dan 3) membuat koagulasi (coagulation) protein pada permukaan ikan menjadi lebih kuat.

Biasanya ikan cakalang yang difufu memiliki ukuran sedang;  memiliki panjang sekitar 30 – 50 cm. Bahan bakar untuk pengasapan adalah gonofu (sabut kelapa). Gonofu banyak dipilih karena asapnya tebal, sehingga proses pengasapan relatif lebih cepat. Pengasapan dihentikan jika ikan cakalang berwarna kemerah-merahan, teksturnya empuk, kering dan tidak berair.

Cakalang fufu yang berkualitas dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama. Bisa bertahan sampai 1 minggu, tapi adakalanya bisa bertahan sampai 1 bulan jika ikan cakalang yang digunakan segar dan proses pengasapannya dilakukan dengan baik.

Di Manado, cakalang fufu merupakan hidangan favorit.Tidak sulit mendapatkannya. Mulai dari pedagang keliling, pasar tradisional sampai supermarket; semuanya menyediakan cakalang fufu sebagai salah satu barang dagangan.

Kelezatan cakalang fufu cukup terkenal. Proses pengawetannya yang menggunakan asap membuat ikan cakalang memiliki cita rasa yang unik. Banyak turis dari luar daerah membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman yang belum pernah menikmatinya.

Sebelum dikonsumsi, cakalang fufu masih diolah lebih lanjut dengan cara dibakar, namun yang paling banyak adalah dengan cara digoreng. Dikonsumsi bersama dengan dabu-dabu (sambal) sebagai teman makan nasi, suwiran mie,  pasangan makan tinutuan, dan sebagai pasangan berbagai bahan makanan lainnya.

Kandungan cakalang fufu mengandung protein dan omega 3 esensial yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Omega 3 adalah lemak yang tidak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, antara lain dapat membantu perkembangan sel-sel otak, karena 40 persen asam lemak di otak terdiri dari omega 3, dan dapat mengatasi peradangan persendian. SolMont.***

2017-11-16T04:00:35+00:00 November 13th, 2017|Mengenal Manado|