Walikota Manado Bangkitkan Semangat ‘Opa dan Oma’ Cerdas

(manadokota.go.id) Meski lokasi pertemuan kaum Lansia (lanjut usia) tiga kecamatan yakni Kecamatan Bunaken, Kecamatan Tuminting dan Kecamatan Singkil, dilaksanakan di Gunung Tumpa, wilayah Kecamatan Bunaken, namun tidak menyurutkan langkah ‘opa-opa dan oma-oma’ untuk datang menyemarakan acara yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Kamis (02/11). Apalagi, dalam pertemuan yang berlangsung penuh keakraban itu, dihadiri langsung Walikota Manado GS Vicky Lumentut, ditambah udara perbukitan yang segar dengan pemandangan Kota Manado, Pulau Bunaken dan Gunung Manado Tua yang mempesona.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota ikut menyemangati para orang tua diatas 60 tahun itu dengan berbagai program khusus Pemkot Manado untuk kaum Lansia. Dimana, sesuai janji politik saat mencalonkan diri dalam Pilkada lalu, Walikota Manado sedang membangun Sabua Lansia Cerdas. “Sekarang ini, saya sedang membangun Sabua Lansia Cerdas secara bertahap. Dimulai dari Kecamatan Malalayang yang sementara dibangun, nanti menyusul kecamatan lainnya termasuk di Singkil, Tuminting dan Bunaken ini,” kata Walikota, yang dikenal sangat peduli dengan kaum Lansia itu. Menurut Walikota, Sabua Lansia Cerdas akan dijadikan sebagai tempat berkumpulnya kaum Lansia yang dilaksanakan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat bersama Dinas Kesehatan Kota Manado. “Silahkan, opa-opa dan oma-oma datang di Sabua Lansia Cerdas. Ada apa disana? di Sabua Lansia Cerdas, ada tempat untuk beribadah sesuai agamanya masing-masing, kemudian para lansia bisa saling bercakap-cakap. Kalau ada yang hobby menyanyi disediakan keyboard, ada koran atau majalah untuk dibaca, juga ada pelatihan-pelatihan dan permainan menarik lainnya. Semua ada di Sabua Lansia Cerdas,” tukas Walikota. Disamping itu, tambah Walikota, dalam Sabua Lansia Cerdas ada layanan kesehatan gratis bagi mereka yang menderita sakit dan memerlukan bantuan medis.

Sementara, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado Drs Sammy Kaawoan. Dalam laporannya mengatakan pelaksanaan kegiatan pelayanan dan perlindungan kesejahteraan sosial lanjut usia di Gunung Tumpa, diikuti 350 Lansia di tiga kecamatan. “Kegiatan seperti ini telah kami laksanakan di sejumlah kecamatan. Sekarang ini giliran tiga kecamatan yakni Singkil, Tuminting dan Bunaken yang kita laksanakan di Gunung Tumpa. Berikutnya, hari Sabtu (04/11) di MGP, kita akan laksanakan di Kecamatan Mapanget yang gabung dengan Kecamatan Paal Dua,” pungkasnya.

Sebelum meninggalkan Gunung Tumpa, Walikota menyempatkan diri ikut bergoyang ‘pato-pato’ bersama para Lansia. Tampak hadir dalam acara tersebut, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat SH MH, Kepala Dinas Kesehatan dr Robby Mottoh, Camat Bunaken William Wongkar bersama para Lurah se-Kecamatan Bunaken, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Manado Pdt Renata Ticonuwu STh serta Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene SSos.

(humas***)

2017-11-14T06:50:08+00:00 November 2nd, 2017|Berita|