Mahasiswa Prodi Informatika Fakultas Teknik UNSRAT Belajar Sistem Informasi Geografis di Pemkot Manado

Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado melalui perwakilan dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Program Studi Informatika berkunjung ke Kantor Walikota Manado, Selasa 17 Oktober 2017 pagi hingga siang hari, di studio BIG DATA dan KOTAKU yang dikelola Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPELITBANGDA) kota Manado serta Cerdas Command Center (C3) yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) kota Manado.

Kunjungan para mahasiswa yang berjumlah 30 orang  ini dipandu oleh dosen pengampuh Yaulie Rindengan, ST, M.Sc, MM., didahulukan dengan surat permohonan praktek kerja lapangan kepada BAPELITBANGDA kota Manado, dan surat permohonan kunjungan lapangan kepada DISKOMINFO kota Manado, tentang perlu adanya kunjungan lapangan mahasiswa untuk melihat secara praktis hal-hal yang dipelajari dalam rangka proses belajar mengajar pada mata kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG).

Di ruangan Studio BIG DATA dan KOTAKU rombongan mahasiswa dan dosen disambut Kepala BAPELITBANGDA Kota Manado Linny Tambajong. Dalam pemaparannya Kepala BAPELITBANGDA menjelaskan tentang perencanaan dan pengelolaan Geospasial di Pemkot Manado, diantaranya untuk mengetahui pengelolaan objek pajak dan sumber-sumber pajak dari pemetaan bangunan, perizinan, potensi rawan bencana dan mitigasi bencana, serta status tanah dan penduduk. Disamping itu juga para mahasiswa mendapat penjelasan secara langsung tentang proses perencanaan dan pengelolaan data berbasis geospasial dalam bentuk data spasial dan non spasial yang sementara dikembangkan oleh Tim Geospasial kota Manado.

Untuk lebih membuka wawasan mahasiswa Prodi Informatika Fakultas Teknik UNSRAT Manado, Kepala BAPELITBANGDA menawaran small project tentang system pengelolaan data Geospasial yang nantinya akan melibatkan mahasiswa untuk dikerjakan secara bersama-sama sampai bulan Desember. Terlihat para mahasiswa sangat atunsias dan kagum dengan pelajaran yang mereka terima di Studio BIG DATA dan KOTAKU. Kesempatan itu juga, mahasiswa menawarkan pembuatan animasi visual untuk proyek program revitalisasi sungai. Sebagai tindak lanjut dari kunjungan ini, disepakati akan dibuat MoU antara Pemerintah Kota Manado dengan pihak UNSRAT Manado, serta standar kurikulum antara dunia kampus dan dunia kerja.

Setelah mengunjungi Studio BIG DATA dan KOTAKU mahasiswa dan dosen melanjutkan kunjungan ke Cerdas Command Center (C3) yang merupakan ruang pusat kendali digital Pemerintah Kota Manado dalam memantau dan memonitor Kota Manado. Dimana rombongan disambut oleh Kepala DISKOMINFO kota Manado Erwin Kontu melalui Kepala Bidang Aptika Heintje Lombone. Diawali dengan pemutaran video presentasi Manado Smart City, perkenalan 5 (lima) orang Alumni Fakultas Teknik UNSRAT yang menjadi bagian dalam Tim Programmer dan Tim Jaringan C3, dilanjutkan dengan pemaparan 12 Smart Solution yang dikelola para programmer dan operator C3 kepada para mahasiswa.  Dimana 12 Smart Solution terdiri dari aplikasi Qlue, e-Gol, Taupang, siTasya, Lapor Manado, RICCA, siGita, Manado 360, ekon, ePuskesmas, Kanal Resmi Pemerintah Kota Manado, dan Radio Komunikasi Gagak. Para mahasiswa terpukau bahkan memberi tantangan kepada Tim Pengelola C3 untuk mengadakan aplikasi Pencari Kerja dan aplikasi tentang Pendidikan Kota Manado yang kemudian akan didiskusikan dengan pimpinan.

Di bawah kepemimpinan Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Mor D Bastiaan, Pemkot Manado terus berupaya menciptakan dan mengembangkan inovasi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan publik yang maksimal. Salah satunya telah terwujud, yaitu melayani kebutuhan edukasi mahasiswa.

2017-10-19T01:12:08+00:00 October 17th, 2017|Berita|