Mengenal Pemukiman Kanaan

Kanaan adalah pemukiman yang berada di kelurahan Ranotana Weru lingkungan 4 sampai dengan 9. Sebelum menjadi lokasi pemukiman, Kanaan adalah lokasi perkebunan kelapa, pisang dan jenis tanaman lainya.

Menjadi lokasi pemukiman pada tahun 1970-an. Penduduknya merupakan pindahan dari pasar Karombasan. Mereka dipindahan oleh pemerintah pada tahun 1974 (7) dalam rangka pembangunan  terminal Karombasan dan penataan pasar.

Rumah yang berbahan baku kayu tidak dibongkar, tetapi digotong beramai-ramai dari pasar Karombasan menuju perbukitan sebagai lokasi pemukiman yang diberi nama Kanaan.

Mereka menggotong rumah secara mapalus (gotong royong). Jumlah penggotongnya sekitar 30-60 orang. Sambil menggotong rumah, mereka menyanyi. Salah satu lirik nyanyian adalah “menuju tanah perjanjian”. Tanah perjanian yang dimaksud  adalah pemukiman baru yang diberi nama Kanaan.

Kanaan adalah nama yang diambil dari Alktab, yang artinya tanah perjanjian (yang berlimpah susu dan madu).  Nama yang seharusnya adalah Ranotanaweru, tapi masyarakat lebih familiar menyebutnya Kanaan. SolMont.***

2017-10-13T01:05:40+00:00 October 13th, 2017|Mengenal Manado|