Tim Penilai Pemanfaatan Informasi Geospasial BIG, Apresiasi Kecanggihan Ruang Pusat Kendali Cerdas Command Center Manado

(manadokota.go.id) MANADO – Tim penilai lomba pemanfaatan informasi geospasial dari Badan Informasi Geospasial (BIG) kagum dan memberikan apresiasi saat berkunjung di Cerdas Command Center (C3) Selasa (3/10). Pasalnya, kecepatan Pemerintah Kota Manado dalam mengimplementasikan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk membantu tugas-tugas dalam pelayanan public dan pelayanan pemerintahan terasa sangat membantu bagi warga masyarakat.

Menurut Wakil Walikota Manado Mor D. Bastiaan yang mendampingi tim penilai bahwa pembangunan ruang pusat kendali Cerdas Command Center dilakukan sangat cepat. Dimana awal pembangunannya dimulai pada bulan November 2016 dan Selesai Januari 2017, dan pada tanggal 27 Pebruari 2017 Cerdas Command Center di launching Bapak Walikota Manado GS. Vicky Lumentut. Saat pertamana dilaunching aplikasi yang kami gunakan baru 9 dan sekarang ini telah bertambah menjadi 12 aplikasi yang rutin dikelola oleh Cerdas Command Center. Lebih lanjut Wakil Walikota Manado menjelaskan beberapa aplikasi yang digunakan untuk pelayanan public misalnya aplikasi Qlue, dimana system pelaporan masyarakat bersifat real time. Kedepan aplikasi yang selama ini sifatnya kami beli (disewa) akan kami tinggalkan. Kami berusaha membangun sendiri aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kota manado. Karena saat ini dari segi SDM kami telah siap”kata Wakil Walikota.

Ketua Tim Penilai IG Herry Sutanto mengatakan untuk hasil kunjungan ke Manado, dilihat manado sudah memiliki banyak apalikasi yang berjalan dengan baik. Ada beberapa dipantau, sangat baik dan sangat berguna bagi masyarakat. Sementara, potensi menjadi terbaik dalam lomba pemanfaatan IG belum dinilai, karena tim penilai harus terlebih dahulu melakukan sidang, untuk memilih yang terbaik sesuai kategori. Untuk aplikasi yang dimiliki C3 rata-rata sangat baik dan interaksinya terlihat sangat memudahkan kerja untuk memantau, mengontrol hingga pengambilan keputusan. Tentunya ini sangat baik, melihat progress Manado mencanangkan kota Smart City belum lama tapi sudah menunjukan progress yang begitu pesat dan ini prestasi luar biasa bagi Pemkot Manado,” kata Susanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Erwin Kontu mengatakan tampailan C3 selalu up to date. Artinya, bukan dilihat dari fisik C3, tapi sistem yang dikembangkan juga rata-rata menunjukan kemajuan yang luar biasa. Dimana, ada beberapa aplikasi baru yang dipakai, yang tujuannya mempermudah kerja pemerintah dalam mengontrol dan mengevaluasi apa saja yang menjadi kekurangan untuk ditambahkan. “Sesuai dengan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota terkait Smart City, C3 hadir dengan begitu banyak solusi, serta menawarkan kemudahan yang bisa diakses langsung oleh masyarakat. Saya pikir ini merupakan sebuah langkah maju yang patut diapresiasi,” tutur Kadis Erwin.

(kominfo-HL***)

2017-10-05T00:12:46+00:00 October 3rd, 2017|Berita|