Umat Hindu ‘Putihkan’ Taman Berkat, Walikota Manado: Kota Manado Milik Kita Bersama

Berlangsung Hikmat, Selasa (5/9/2017), umat Hindu Kota Manado ikut meramaikan iven pariwisata ‘Manado Fiesta’ 2017, khususnya Faith Festival dengan melaksanakan upacara persembahyangan Santhi Puja di Taman Berkat atau God Bless Park Manado, jalan Piere Tendean Boulevard.

Upacara dalam rangka Angayu Bagia atau pengucapan syukur atas bulan purnama ketiga diikuti ratusan umat Hindu se-Kota Manado dan dihadiri WaliKota Manado G.S Vicky Lumentut. Dalam persembahyangan yang dipimpin tiga rohaniawan Agama Hindu yakni Panandita I Ketut Dirtha SAg, Panandita I Dewa Gede Sumatra SAg dan Panandita I Nyoman Sukra, ikut mendoakan suksesnya Manado Fiesta hingga ditutup tanggal 10 September nanti.

Sedangkan, tampil sebagai penceramah agama I Dewa Ketut Anom yang mengaku sangat terkesan dengan kepemimpinan WaliKota Manado.

“Sebagai umat Hindu yang ada di Manado kami terkesan dengan kepemimpinan Walikota Bapak Vicky Lumentut yang sangat merakyat dan mencintai rakyatnya,” ujar Anom.

Sementara itu, WaliKota Manado kembali menegaskan dimasa kepemimpinannya sekarang ini, keamanan, kebersihan dan kerukunan menjadi hal prioritas. Sehingga, semua umat beragama, suku dan etnis yang ada di Kota Manado diperlakukan sama tanpa membedakan satu dengan yang lain.

“Saya kembali tegaskan bahwa Kota Manado adalah milik kita bersama. Selama saya memimpin kota ini,semua umat beragama, termasuk suku dan etnis yang ada, kita perlakukan sama. Tidak ada yang diistimewakan dan tidak ada yang dimarjinalkan. Semuanya memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai warga Kota Manado,” kata WaliKota

Selain itu, WaliKota juga menyampaikan bahwa lokasi Taman Berkat akan menjadi wahana baru bagi seluruh umat di Kota Manado untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan akbar, begitu pun dengan umat Hindu bila mau menggunakan Taman Berkat dalam kegiatan tertentu, maka Pemerintah Kota Manado memberikan ruang untuk itu.

“Silahkan gunakan area Taman Berkat ini untuk kegiatan-kegiatan keagamaan di Kota Manado. Umat Hindu juga silahkan jika ingin menggunakan tempat ini. Nanti coba komunikasikan dengan Dinas Pariwisata untuk mengisi acara budaya di Taman Berkat. Karena saya tahu, budaya Bali sangat baik dipentaskan disini,” ujar Walikota

Yang hadir mendampingi WaliKota, Asisten I bidang Pemerintahan da Kesra Micler CS Lakat, Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado Pdt Roy Lengkong, Dari umat Hindu sendiri, tampak Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Propinsi Sulawesi Utara Ir Suryono MT, Ketua Penyiar Hindu Sulut Drs Ida Bagus Weda Manuaba, Ketua PHDI Kota Manado sekaligus anggota BKSAUA Drs Ida Bagus Ketut Alit MPd dan tokoh agama Hindu Wakil Komandan (Wadan) Rindam Kodam XIII Merdeka Kolonel Inf Putra Widyastawa. (ES.AMS)

 

2017-09-08T01:50:45+00:00 September 5th, 2017|Berita|