Pemkot Manado Salurkan Bantuan PKH Tahap I dari Kemensos RI

Program Keluarga Harapan merupakan salah satu program Pemerintah dalam usaha percepatan pengentasan kemiskinan. Program ini sebagai wujud nyata kepedulian dan keberpihakan Pemerintah terhadap masyarakat, lebih khusus bagi masyarakat miskin, melalui upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut, melalui Wakil Walikota Manado Mor D Bastiaan menghadiri sekaligus memberikan sambutan dalam acara penyaluran bantuan non tunai dari Kementerian Sosial RI Program Keluarga Harapan (PKH), Jumat (04/08/2017) di Kantor Kecamatan Mapanget, Kota Manado. Wakil Walikota mengatakan bahwa dalam jangka pendek program ini bertujuan untuk mengurangi beban rumah tangga sangat miskin (RTSM), dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya bisa keluar dari perangkap kemiskinan.

Lanjut dikatakan, komponen yang menjadi fokus utama dari PKH adalah bidang kesehatan dan pendidikan, di mana tujuan utama di bidang kesehatan untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak di Indonesia, khususnya bagi kelompok masyarakat sangat miskin melalui pemberian insentif untuk melakukan kunjungan kesehatan yang bersifat preventif atau pencegahan. Sedangkan di bidang pendidikan program ini bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan dasar wajib 9 tahun serta upaya mengurangi angka pekerja anak pada keluarga yang sangat miskin. Kombinasi ini diharapkan nantinya akan mampu memutus rantai kemiskinan antar generasi demi tercapainya Indonesia yang makmur dan sejahtera.

“Kita semua berharap Program Keluarga Harapan (PKH) terlebih khusus di Kota Manado dapat dilaksanakan dan disalurkan dengan tepat sasaran dan tepat guna, dan melalui penyerahan bantuan non tunai dari Kementerian Sosial RI Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I tahun 2017 ini, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia diharapkan dapat berjalan dengan efektif dan berhasil guna demi kesejahteraan masyarakat Kota Manado,” ujar Wakil Walikota.

Wakil Walikota dalam kesempatannya mengajak semua yang hadir dalam acara tersebut untuk terus mendukung program pemerintah. “Mari dukung terus Program Keluarga Harapan dan program-program strategis pemerintah lainnya demi kemakmuran dan kesejahteraan seluruh masyarakat,” tandas Wakil Walikota dalam menutup sambutannya.

Terlihat hadir dalam acara tersebut, Pimpinan Cabang BRI Kota Manado, Sadmiadi beserta karyawan/karyawati; Kepala Dinas Sosial Kota Manado, Sammy Kaawoan; Koordinator Wilayah PKH Sulut, Noldy Mangerongkonda; Koordinator PKH Kota Manado, Teddy Kano; Para Pendamping dan Operator PKH Kota Manado, dan para penerima bantuan non tunai Program Keluarga Harapan. (GKAM)

2017-08-04T14:17:50+00:00 August 4th, 2017|Berita|