Mengenal Kampung Texas

Texas bukan sebuah kampung, tapi sebuah lokasi pemukiman kecil  yang populer dengan sebutan kampung Texas.  Luas lahannya  sekitar 3000 meter persegi. Tahun 2005, penduduk kampung yang terletak di antara pelabuhan Manado dan Jumbo Swalayan ini dipindahkan oleh pemerintah kota Manado ke Mayondi kecamatan Singkil-Manado.

Nama eks kampung Texas diilhami dari judul sebuah film yang terkenal pada tahun 1967, yaitu film yang berjudul Texas Adios yang diperankan oleh Franco Nero, yang diputar di eks bioskop Benteng Manado.

Eks kampung Texas eksis sekitar tahun 1970-an, dan populer sekitar tahun 1990-an. Nama awalnya adalah Haven (bahasa Belanda), yang artinya pelabuhan (harbor) atau bandar (port), atau bendar dalam dialek Manado.

Direncanakan di eks kampung Texas akan dibangun Taman Wisata Religi dalam bentuk prototipe tempat ibadah seluruh umat beragama di kota Manado sebagai simbol kerukunan Torang Samua Basudara; dan untuk menggambarkan bahwa hidup rukun, damai dan saling berdampingan adalah indah. SolMont.

2017-07-26T06:19:45+00:00 July 26th, 2017|Mengenal Manado|