Mengenal Nama Pulau di Manado

Pulau merupakan daratan yang besarnya lebih kecil dari luas benua, tapi lebih besar dari luas karang di perairan sekitar yang mengelilinginya.

Menurut konvensi PBB tentang Hukum Laut Internasional 1982 (UNCLOS’82), pasal 121 mengartikan pulau sebagai daratan yang terbentuk secara alami dan dikelilingi oleh air, dan selalu berada di atas permukaan air pada saat air pasang naik tertinggi.

Kota Manado memiliki tiga pulau. Tiga pulau tersebut adalah Bunaken, Manado Tua dan Siladen. Berjajar dan tampak seperti membentengi teluk Manado. Juga di sekitarnya ada dua pulau lainnya, yaitu Mantehage dan Naen, tetapi termasuk dalam wilayah Minahasa Utara.

Siladen adalah pulau terdekat dengan daratan Manado, diikuti Bunaken dan yang terjauh adalah pulau Manado Tua. Bila dilihat dari kawasan Boulevard on Business (B on B), tiga pulau wisata ini tampak berjajar rapih.

Bila cuaca cerah, tiga kawanan pulau yang indah ini terlihat dengan jelas dari daratan kota Manado. Manado Tua merupakan pulau terbesar, diikuti Bunaken dan yang terkecil adalah pulau Siladen.

Sejak tahun 2012, tiga pulau yang menjadi destinasi pariwisata ini ditetapkan menjadi kecamatan tersendiri, yang diberi nama kecamatan Bunaken Kepulauan.SolMont.***

 

2017-07-18T08:07:45+00:00 July 18th, 2017|Mengenal Manado|