Mengenal Nama Gunung di Manado

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas permukaan bumi. Terletak lebih tinggi dari wilayah sekitarnya. Terbentuk dari gerakan tektonik lempeng.

Menurut Van Zuidam (1985), gunung merupakan daratan yang memiliki ketinggian antara 500-1000 meter dari permukaan laut (dpl). Bila ketinggian suatu daratan kurang dari 500 meter bukan gunung, tetapi bukit.

Kota Manado memiliki 2 (dua) gunung, yaitu gunung Manado Tua di tengah laut dan gunung Tumpa yang berada di daratan kota Manado.

Gunung Manado Tua berada dalam satu kawasan dengan pulau Bunaken dan Siladen. Ketinggiannya 655 meter dpl. Sedangkan gunung Tumpa ketinggiannya 610 meter dpl.

Pesona gunung Tumpa tak kalah menariknya dibanding gunung Manado Tua. Gunung Tumpa terletak di bagian utara kota Manado. Lokasinya sangat cocok bagi wisatawan pecinta alam dan yang menyenangi cabang olah raga terbang bebas, yaitu paralayang (paragliding). Namun untuk mencapai puncaknya harus mengeluarkan banyak energi.

Gunung Tumpa merupakan hutan lindung. Tanaman dan pohon-pohonnya tampak hijau dan rindang. Pemandangannya sangat menarik. Dari puncaknya, pandangan mata ke arah laut akan disuguhkan keindahan pulau Bunaken, Manado Tua, Siladen, Mantehage dan  Naen tampak berjejer seakan memagari teluk Manado. Mantehage dan  Naen, adalah dua pulau yang masuk wilayah Minahasa Utara.

Pulau Bunaken dan Siladen tidak masuk dalam kategori gunung, karena ketinggiannya kurang dari 500 meter. Dua pulau yang alam bawa lautnya mempesona tersebut termasuk dalam kategori bukit. SolMont.***

2017-07-18T08:17:32+00:00 July 18th, 2017|Mengenal Manado|