Zero Point, Titik Nol Manado

Zero Point adalah salah satu ikon kota Manado. Bagi yang belum mengetahui tentang objek wisata di kota Manado, misalnya turis atau tamu yang baru pertama kali datang, pasti akan bertanya letak zero point atau titik 0 (nol) kilometer di kota Manado.

Zero Point atau titik nol adalah sebuah tugu atau monumen. Lokasinya sangat strategis. Tidak sulit menemukannya, karena berada di pusat kota Manado. Tepatnya berada di perempatan  jalan Sam Ratulangi yang padat angkutan kota (angkot) maupun jenis kendaraan lainnya yang melintasi. Di kelilingi eks gedung Minahasa Raad, Bank Sulut dan gedung Joeang 45 Manado.

Akses menuju ke Zero Point sangat mudah. Lokasinya terletak di puast keramaian. Bila ingin menyaksikannya dari dekat atau mengadakan pemotretan, datanglah pada pagi hari. Sebab menjelang siang hari, kepadatan kendaraan yang lalu lalang akan menghalangi dan tidak nyaman bagi pengunjung.

Bagian atasnya berbentuk globe atau bundar seperti bola. Bentuk bola tersebut memiliki makna sebagai penanda nol kilometer. Fungsinya adalah sebagai titik acuan pengukuran jarak ke beberapa lokasi atau tempat di kota Manado, ke kabupaten/kota di Sulawesi Utara, atau ke seluruh daerah di pulau Sulawesi.

Bola yang berbentuk globe terletak di bagian atas monumen. Terbuat dari baja tahan karat. Bagian dasarnya terbuat dari beton yang dihiasi keramik. Selesai dibangun pada akhir tahun 2008. Sebelumnya, lokasi Zero Point menurut sejumlah sumber berada di GMIM Sentrum Manado, berjarak sekitar 100 meter dari Zero Point. SolMont.

2017-07-10T06:45:50+00:00 July 10th, 2017|Wisata Manado|