Pengelolaan Wisata Taman Laut Bunaken Diserahkan ke Pemerintah Daerah

Pengelolaan Wisata Taman Laut Bunaken Diserahkan ke Pemerintah Daerah

(manadokota.go.id) Usaha agar pengelolaan kawasan Taman Laut Bunaken khususnya objek wisata Bunaken, Manado Tua dan Siladen, untuk diserahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda), akhirnya mendapat titik terang. Hal itu terlihat saat berlangsung Rapat Koordinasi (Rakor) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dengan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan. Pertemuan khusus membahas Taman Laut Bunaken itu, berlangsung di lantai II Kantor Menko Kemaritiman, Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) I, Jalan MH Thamrin Nomor 8 Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

Pemerintah Provinsi Sulut dihadiri langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Pemerintah Kota Manado oleh Walikota GS Vicky Lumentut. Dalam rapat tersebut, Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan menerima usulan Gubernur Sulut terkait penyerahan pengelolaan Taman Laut Bunaken di kawasan tiga pulau tersebut kepada Pemda. Bahkan, Menko berjanji untuk memproses lebih lanjut usulan itu. “Usulan pak Gubernur untuk Bunaken, Manado Tua dan Siladen untuk diserahkan pengelolaannya ke daerah, agar memudahkan pengelolaannya untuk tunjang pariwisata, diterima Pak Menko dan akan diproses lanjut pengelolaannya ke daerah. Akhirnya, apa yang selama diperjuangkan akan jadi kenyataan,” kata Walikota, usai pertemuan. Dikatakan juga, bila pengelolaan Taman Laut Bunaken yang meliputi Bunaken, Manado Tua dan Siladen telah diserahkan kepada Pemda, akan membuka peluang dan tantangan dalam upaya peningkatan sektor pariwisata Sulut khususnya di Kota Manado. Apalagi, kawasan yang berada di Teluk Manado tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan pecinta wisata bahari. “Ketika diserahkan ke daerah, maka ini menjadikan peluang dan tantangan, untuk menjadikan Teluk Manado dan kawasan penyelamannya sebagai tempat yang makin menyenangkan bagi penikmat wisata bahari,” ujar Walikota.

Seperti diketahui, pertemuan yang berlangsung di Jakarta tersebut, merupakan tindak lanjut pernyataan Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan saat berkunjung ke Sulut, April lalu. Dalam kesempatan itu, Menko menyatakan agar pengeloaan Taman Nasional Bunaken mendapat perhatian serius, maka sebaiknya di kelola oleh Pemda Sulut. “Di Pulang Rempang Galang ada otoritas sendiri seperti halnya Kawasan Ekonomi Khusus yang mengelola itu Gubernurnya langsung, dan itu yang diharapkan juga untuk kelangsungan objek wisata andalan di daerah Nyiur Melambai Sulut tersebut,” kata Menko Luhut Panjaitan.

(humas-SR###)

2017-06-19T09:48:23+00:00 June 13th, 2017|Berita|