Mengenal Kecamatan Tikala

Umumnya orang yang ditanyai tentang arti Tikala akan  mengatakan bahwa Tikala sama dengan Tikela. “Seharusnya Tikela bukan Tikala, tapi karena pengaruh dialek dan perubahan pelafalan berubah menjadi Tikala.” ujar seorang sumber.  Benarkah arti Tikala sama dengan Tikela?

Kata Tikala dan Tikela walaupun nampak sama, namun memiliki arti yang berbeda. Tikela berasal dari kata ti’kela (bahasa Tombulu). Ti merupakan kata depan yang artinya di, sedangkan kela artinya ini atau sini. Secara harfiah arti Tikela adalah di sini. Jhon Kandores, warga desa Tikela, umur 75 tahun, penutur bahasa Tombulu mengatakan bahwa Tikela artinya di sini kita tinggal/bermukim.

Tikala berasal dari kata ti kala (bahasa Tombulu). Ti adalah kata depan yang artinya di, sedangkan kala adalah nama sungai, yaitu sungai Kala. Namun lama-kelamaan penulisan kata ti kala  dirangkai menjadi satu , sehingga berubah menjadi Tikala.

Jadi, arti Ti Kala yang kemudian penulisannya dirangkai menjadi Tikala, adalah disungai Kala. Sungai Kala sampai sekarang masih ada dan sebelum mengalir ke Manado terlebih dahulu melewati desa Suluan, SMP Negeri I Rumengkor, Sawangan dan desa Tombuluan.

Ada tiga kelurahan di kota Manado yang nama depannya mencantumkan kata Tikala, yaitu kelurahan Tikala Ares, Tikala Kumaraka, dan Tikala Baru.

2017-05-31T16:27:43+00:00 May 19th, 2017|Mengenal Manado, Uncategorized|