Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2019, Walikota Manado GS Vicky Lumentut menyerahkan Surat Keputusan (SK) pemberian remisi kepada 139 narapidana warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Manado, Sabtu (17/08) pagi.

Penyerahan SK remisi tersebut dilakukan Walikota Lumentut saat memimpin upacara HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Rutan yang terletak di Kelurahan Malendeng, Kecamatan Paal Dua, disaksikan Kepala Rutan Kelas II A Manado Raden Budiman Priatna Kusumah dan Wakil Walikota Manado, Mor D Bastiaan

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona Laoly dalam sambutan yang dibacakan Walikota mengatakan, remisi merupakan hak warga binaan mendapatkan pengurangan masa tahanan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 dan Keputusan Presiden RI Nomor 174 Tahun 1999 Tentang Remisi ; warga binaan pemasyarakatan akan diberikan Remisi.

“ Pemberian remisi seharusnya tidak dimaknai sebagai pemberian hak warga binaan pemasyarakatan, tetapi lebih dari itu remisi merupakan apresiasi Negara terhadap warga binaan pemasyarakatan yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetensi diri dengan mengembangkan ketrampilan untuk dapat hidup mandiri serta menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional,” ujar Walikota, mengutip sambutan Menkum-HAM.

Kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan yang ada hari ini mendapatkan remisi, khususnya yang bebas hari ini, saya mengucapkan selamat dan mengingatkan agar tetap berupaya meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan saudara dalam menjalani kembali kehidupan ditengah-tengah keluarga dan sebagai anggota masyarakat.

“Jadilah insan yang taat hukum, insan yang berakhlak dan berbudi luhur, serta insan yang mempunyai makna dan berguna dalam hidup dan kehidupan,” ucap Walikota, sembari menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pemasyarakatan yang dengan tulus ikhlas mengabdikan diri kepada Nusa dan Bangsa, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa mengiringi keinginan luhur kita dalam mengabdi dan berbakti kepada nusa, bangsa dan Negara, dengan limpahan rahmat, nikmat dan karunia-Nya. Dirgahayu Negara Kesatuan Republik Indonesia ke 74 Tahun. SDM Unggul Indonesia Maju. Merdeka !!! Tuhan memberkati kita semua.

Hadir dalam kesempatan tersebut, sejumlah jajaran pejabat di lingkup Pemkot Manado.(bag.pemhum)