Forum Kawasan Timur Indonesia (Forum KTI) dibentuk pada tahun 2004 untuk mengembangkan kemitraan para pihak dalam menjawab tantangan pembangunan di Kawasan Timur Indonesia. Forum ini berupaya mendukung tercapainya efektivitas dan keberlanjutan pembangunan yang bertumpu pada pembangunan yang berbasis pengetahuan dan kerja sama antar pihak. Anggota Forum KTI berasal dari kalangan pemerintah, akademisi, oraganisasi non pemerintah dan sektor swasta.

Mereka adalah pembaharui sosial dibidang masing-masing yang senantiasa membangun relasi antar pihak fan antar daerah untuk membangun kemitraan dan inovasi sosial untuk membangun Kawasan Timur Indonesia yang lebih baik. Tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk berbagi pengalaman dalam menciptakan perubahan positif serta solusi cerdas dalam mengatasi berbagai tantangan pembangunan Kawasan Timur Indonesia, dengan harapan agar mampu merangsang munculnya berbagai inovasi dalam mendorong kolaborasi para pihak yang lebih baik untuk pembabgunan Kawasan Timur Indonesia yang lebih efektif.

Tahun 2018 ini Forum KTI kembali di gelar untuk ke-7 kalinya dikemas dalam bentuk festival pada Tanggal 24-25 oktober di Makassar Sulawesi Selatan dengan mengangkat tema "LOKAL DAN BERKELANJUTAN". Perhelatan ini akan mengangkat lima inisiatif lokal yang dinilai mengangkat unsur-unsur mendasar yang diperlukan dalam pembangunan berkelanjutan.

Puji Tuhan, Pemerintah Kota Manado termasuk salah satu dari kelima inisiatif lokal yang disebut Praktik Cerdas tersebut selain dari Kalaodi – Tidore, Mollo Utara, Makassar, Papua dan Papua Barat. Dan kami pun diminta berbagi cerita mengenai Praktik Cerdas Pemerintah Kota Manado, mewakili Walikota Manado GS. Vicky Lumentut dan didampingi oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Manado Liny Tambayong, Wakil Walikota Mor D Bastiaan mempresentasikan salah satu aplikasi andalan Pemerintah Kota Manado yakni Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA). (ES)