(manadokota.go.id) Walikota Manado GS Vicky Lumentut menegaskan untuk mencapai Visi dan Misi Kota Manado sebagai kota Cerdas, penatausahaan dan pengolahan aset harus tertib administrasi. Hal itu dikatakan Walikota Vicky Lumentut melalui Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Peter KB Assa saat membuka kegiatan Sosialisasi Penatausahaan dan Pengelolaan Aset Tetap, di ruang Toar Lumimuut (Tolu), Kantor Walikota Manado (12/09) pagi.

Menurut Walikota, untuk menciptakan pemerintahan cerdas, good governance and clean government, maka penatausahaan aset daerah dan pengelolaan aset tetap harus sesuai dengan dasar hukum.

"Sebagai salah satu indikator kota cerdas adalah tertib administrasi, dalam hal ini penatausahaan aset daerah dan pengelolaan aset tetap yang harus memahami dasar hukum," ujar Walikota Vicky Lumentut.

Olehnya, Walikota menganggap sosialisasi yang digagas Inspektorat Kota Manado tersebut sangat penting untuk diikuti, agar Perangkat Daerah terhindar dari temuan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Sosialisasi ini penting untuk mempermudah, memberikan petunjuk teknis sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku sehingga tidak akan ada temuan untuk pemeriksaan BPK tahun depan," tandas Walikota Vicky Lumentut.

Ditambahkan Sekda Assa, yang bertanggungjawab terhadap aset adalah Perangkat Daerah (PD) masing-masing-masing dan harus berkoordinasi dengan Inspektorat. 

"Walikota dan Wakil Walikota meminta bantuan pihak ketiga dalam penataan aset tetap Pemerintah Kota Manado pada Tim teknis yang hadir saat ini, sehingga ditargetkan pengelolaan aset dapat dilakukan dengan baik dan benar, mempercepat temuan BPK RI tahun 2017 sehingga dapat diselesaikan dengan baik. Tim akan menjelaskan secara singkat dan berkunjung ke Perangkat Daerah untuk memonitoring," pungkas Sekda Assa.

Tampak mendampingi Sekda Assa, Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere dan Inspektur Kota Manado Hans Tinangon serta pimpinan Tim Teknis Sulkarnain Sebaia.

Hadir dalam acara tersebut para Kepala Perangkat Daerah serta pengurus barang yang ada di jajaran Pemkot Manado. (bag.pemhum)